Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Bersiap Mudik Lebaran, Simak Tipsnya Agar Puasa tetap Lancar Saat di Perjalanan

29 Mei 2019 23:00 | 2011 hits

DREAMERS.ID - Puasa hanya tinggal seminggu lagi dan sebagian rutinitas orang sudah berubah dengan disibukkan persiapan libur panjang maupun mudik Lebaran. Saat perjalanan mudik menuju kampung halaman ini, kondisi tubuh tentunya harus fit agar ibadah puasa pun tetap lancar. Jangan karena tubuh tidak bugar, puasa menjadi batal saat melakukan perjalanan mudik.

Nah ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika harus mudik dalam kondisi berpuasa. Tips utamanya tentu saja tidak melewatkan makan sahur dan berbuka puasa, serta cukup tidur dengan bergantian saat menyetir. Berikut tips lain yang tak kalah pentingnya.

1. Sedia obat
Agar selama perjalanan tetap sehat, jangan lupa sediakan obat, terutama bagi pasien penyakit kronis. Sediakan pula obat-obat untuk pertolongan pertama bagi penyakit yang rentan menyerang saat mudik seperti diare, sakit kepala, maag hingga mabuk perjalanan.

2. Hindari menahan buang air
Dalam perjalanan mudik, hindari menahan buang air khususnya buang air kecil. Karena menahan buang air kecil justru dapat menyebabkan infeksi saluran kencing, yang berisiko mengganggu kegiatan puasa selama perjalanan.

Baca juga: Shin Tae Yong Berencana Diskusi dengan Pemimpin Agama Berharap Pemain Tidak Berpuasa Jelang Laga

3. Perjalanan malam
Bagi yang ingin tetap berpuasa saat mudik, sebaiknya pilih perjalanan malam hari. Selain jalanan yang lebih lengang, kamu juga bisa terhindar dari panas matahari dan mengurangi risiko dehidrasi.

4. Hindari makanan pedas
Saat berbuka atau sahur sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan pedas atau asam. Karena jika dibiarkan, risiko mulas dan kerap buang air akan mengintai sehingga mengganggu puasa selama perjalanan.

5. Cek kesehatan
Sebelum berangkat mudik, disarankan untuk memeriksakan kesehatan terlebih dahulu, terutama bagi yang memiliki keluhan penyakit. Di perjalanan pun jangan ragu untuk berhenti di pos kesehatan supaya masalah kesehatan tidak berubah jadi fatal.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio