Dreamland
>
Musik
>
Article

Bikin Fans Panik, MV TWICE, BTS, dan BLACKPINK di YouTube Sempat Lenyap

16 Januari 2019 11:00 | 2041 hits

DREAMERS.ID - Fans K-Pop dibuat panik saat mendapati beberapa video musik idola kesayangan mereka lenyap dari YouTube. Pada 15 Januari malam, sejumlah fans menemukan MV TWICE, BLACKPINK, dan BTS dihapus dari platform berbagi video milik Google tersebut.

Beberapa video yang diketahui dihapus YouTube adalah ‘Like Ooh Ahh’, ‘Likey’, dan ‘YES or YES’ dari TWICE, ‘Ddu-du Ddu-du’ milik BLACKPINK dan MV solo Jennie ‘SOLO’, serta V BTS ‘Intro: Singularity’. Fans tentu saja panik dan marah karena video-video tersebut sangat penting dan telah memiliki views puluhan hingga ratusan juta.


Mereka pun langsung menghubungi masing-masing agensi terkait dan menyatakan keluhannya terhadap YouTube. Ketujuh MV dihapus YouTube karena ada perusahaan asal India bernama Aiplex Software Private Limited yang membuat klaim copyright atau hak cipta palsu.

Baca juga: YouTube Rilis Daftar 10 MV dan Video Paling Banyak Ditonton Tahun 2022 di Korea

Seorang perwakilan dari JYP Entertainment mengatakan kepada Forbes, “Segera setelah kami menemukan masalah ini, kami menghubungi YouTube dan menyelesaikannya.” Agensi yang menaungi TWICE itu juga menyatakan bahwa YouTube masih mencari tahu penyebab masalah ini.

Untungnya, dalam waktu kurang dari dua jam, video-video tersebut sudah kembali dengan jumlah views yang sama. Namun fans mempertanyakan bagaimana kebijakan hak cipta YouTube bekerja, karena perusahaan lain bisa dengan mudahnya membuat klaim palsu dan YouTube bisa begitu saja menghapus video yang dilaporkan.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio