Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Google Dikabarkan Bakal Siapkan Mode Gelap di OS Android Q

09 Januari 2019 10:15 | 1414 hits

DREAMERS.ID - Setelah merilis Android Pie dan mulai disebar ke berbagai perangkat, Google sudah mulai menggarap sistem operasi terbaru mereka, Android Q. Kabarnya, Google akan menerapkan mode gelap untuk semua tampilan lewat versi terbaru ini.

Mode gelap adalah fitur yang diincar pengguna karena berguna untuk mengurangi konsumsi baterai pada ponsel. Layar yang berwarna terang cenderung memakan daya ponsel lebih tinggi dari layar yang menampilkan tampilan gelap. Tampilan ini juga lebih ramah terhadap mata pengguna. 

Dalam beberapa tahun belakangan, beberapa aplikasi mulai memperkenalkan mode gelap, namun hal ini belum berlaku untuk keseluruhan ekosistem Android. Mulai dari Youtube, Phone, Contact, Messages, Pixel Launcher, Google News, dan sebagian Google Maps telah mendapat fitur ini. Sebelumnya, diperkirakan mode gelap ini akan muncul di Android Pie, tapi ternyata sistem operasi itu tak juga memberikan fitur gelap ini. 

Baca juga: WhatsApp Android Bakal Punya Fitur Keamanan Baru Mirip iPhone

Melansir CNN, optimisme ini muncul dari tulisan seorang pegawai Google yang menjabat sebagai Product Manager, Lukasz Zbylut, yang bocor di Chromium Bugs Tracker.. "Tim (Android) Q ingin memastikan semua aplikasi yang akan dimuat mendukung mode ini. Agar mode gelap bisa berhasil digunakan, kami perlu memastikan seluruh elemen UI telah cocok dengan tema gelap ini pada Mei 2019," tulisnya. 

Meski demikian, Google selalu bisa mengubah rencananya jika ternyata tak semua aplikasi siap untuk menerapkan mode gelap. Saat ini Google telah mengubah izin pada pembahasan yang nampak di Chromium Bug Tracker, sehingga konten itu tak bisa diakses oleh pegawai Google. 

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio