Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Ciptakan Game Populer, Kenali 4 Tipe Gamer

03 April 2013 11:00 | 1238 hits

Untuk memenuhi semua game yang disukai banyak orang merupakan pekerjaan yang tak mudah. Pasalnya tiap diri seseorang pasti ada minimal satu game yang disukai. Lantas bagaimana fokus utama dalam mendesain sebuah game, agar game yang dihasilkan dapat diterima banyak orang?

Pemain game merupakan elemen yang terpenting. Karena itulah inti dari proses game desain adalah menemukan komposisi tantangan yang tepat agar setiap pemain bisa mengekpresikan dirinya ketika berusaha menyelesaikan tantangan-tantangan tersebut.

Karena itulah, menurut Eko Nugroho selaku game design mengatakan, mengenali karakter target pemain menjadi hal yang pertama harus kita lakukan dalam sebuah proses game design. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Professor Richard Bartle setiap pemain bisa dikelompokkan ke dalam 4 tipe karakter berikut:

Achievers adalah karakter pemain yang selalu coba menaklukkan tantangan apapun demi pencapaian terbaik

Baca juga: Keren Banget! Game Besutan Developer Bandung ‘Cursed Mansion’ Rilis di Steam

Explorers adalah karakter pemain yang bersemangat menjelajah  area baru, mencoba hal baru, dan menemukan berbagai kombinasi baru.

Socialisers adalah karakter pemain yang begitu tertarik untuk selalu mendengar dan membangun hubungan dengan orang lain.

Killers adalah karakter pemain yang senantiasa rajin menemukan cara kreatif untuk menggangu atau menghambat pemain lain.

Dari karakter itulah game desainer harus menghadirkan game yang tepat untuk berbagai karakter pemain yang menjadi target utamanya. Hal ini sangat penting sehingga kemampuan tersebut selalu diasah dan ditingkatkan oleh seorang game desainer.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio