Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Untungkan Kreator, Iklan di YouTube Bakal Makin Susah Dilewati

29 Agustus 2018 17:56 | 1182 hits

DREAMERS.ID - Penonton atau konsumen video-video di YouTube nampaknya akan semakin sulit melewati atau skip iklan yang mengganggu. Pasalnya platform berbagi video milik Google ini akan memperbolehkan kreator untuk mengaktifkan pilihan agar iklan yang tayang di video mereka tidak dapat dilewati (non-skippable ads) oleh penonton.

Hal ini diumumkan oleh pihak YouTube melalui sebuah video yang diunggah di channel Creator Insider, sebuah channel bersifat informal yang dikelola oleh tim teknis dari bagian YouTube Creator untuk berbagi informasi dengan para pembuat konten.

Dalam video yang dipublikasikan pekan 23 Agustus lalu itu, seorang perwakilan YouTube menjelaskan bahwa dalam pekan ini, para pembuat konten yang memonetisasi videonya akan mendapat notifikasi bahwa mereka bisa mengaktifkan iklan yang tidak dapat dilewati pada video-video mereka.

"Dulu, opsi ini hanya tersedia bagi sejumlah pembuat konten tertentu saja. Namun, dengan pembaruan ini, semua orang yang memonetisasi kontennya akan mendapat akses untuk mengaktifkan iklan yang tidak dapat dilewati," ujarnya dalam video tersebut, mengutip CNN.

Baca juga: YouTube Rilis Daftar 10 MV dan Video Paling Banyak Ditonton Tahun 2022 di Korea

Ia juga menjelaskan bahwa iklan yang tidak dapat dilewati memiliki durasi yang terbatas, sehingga para penonton tidak perlu menunggu terlalu lama sebelum mereka menyaksikan sebuah video. Durasi maksimal iklan yang tidak dapat dilewati adalah 15-20 detik, tergantung wilayah pembuat konten.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa nantinya para pembuat konten akan diberikan informasi mengenai efektivitas iklan yang tidak dapat dilewati pada video-video mereka, seperti data keterlibatan penonton dan jumlah keuntungan yang mereka dapat dari iklan-iklan tersebut.

Menurut pihak YouTube, pembaruan ini akan membuat para pembuat konten mendapatkan lebih banyak uang dari sebelumnya, karena para pengiklan harus membayar lebih mahal untuk iklan yang tidak dapat dilewati. Meski demikian, YouTube menambahkan bahwa apabila pembuat konten tidak menyukai fitur ini, mereka dapat menonaktifkan iklan yang tidak dapat dilewati kapan saja pada bagian pengaturan.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio