DREAMERS.ID - Pengguna Spotify nampaknya akan bisa menikmati lagu dengan leluasa karena dapat melewati iklan. Baru-baru ini dilaporkan bahwa platform streaming musik online populer tersebut tengah melakukan uji coba sebuah fitur baru yang dinamakan ‘Active Media’ yang memungkinkan setiap pemilik akun non-premium untuk melewati iklan di sela-sela mendengarkan musik di Spotify.
Sekarang, para pengguna Spotify yang tidak membayar untuk berlangganan tak bisa melakukan hal itu. Hal lain yang juga tak dapat dilakukan oleh pemilik akun gratis adalah menyimpan musik secara offline sehingga dapat didengarkan kembali tanpa menggunakan koneksi internet.
Baca juga: BABYMONSTER Kerja Sama dengan Spotify untuk Promosi Comeback Terbaru
Global Head of Partner Solutions Spotify Danielle Lee mengatakan fitur Active Media terinspirasi dari fitur lain yang ditawarkan oleh Spotify, yakni "Discover Weekly." Fitur tersebut berfungsi untuk menyusun daftar lagu (playlist) sesuai dengan kebiasaan pengguna dalam mendengarkan musik.Menurut Lee, fitur Active Media yang sekarang masih berada dalam tahap uji coba ini memungkinkan pengguna untuk hanya mendengar atau menonton iklan-iklan yang menarik dan penting bagi mereka, dan Spotify dapat lebih mengerti preferensi penggunanya.
Dengan begitu, pengiklan tidak perlu membayar untuk setiap iklan yang dilewati oleh pengguna. Hal ini berarti Spotify sedang mempertaruhkan keuntungannya yang berasal dari iklan. Saat ini, fitur Active Media baru satu bulan diuji coba di Australia. Namun, Lee mengatakan Spotify berambisi untuk merilis fitur ini bagi penggunanya di seluruh dunia.
(fzh)