Dreamland
>
Berita
>
Article

Teka-teki Taktik Jokowi Umumkan Nama Cawapresnya di Menit Terakhir Pendaftaran Pilpres 2019

18 Juli 2018 11:14 | 2952 hits

DREAMERS.ID - Skema politik layaknya seperti 'taktik' sebuah tim sepakbola dalam mempertahankan skor atau memenangkan suatu pertandingan, dimana segala cara dan strategi diatur sedemikian rupa agar mencapai hasil yang diinginkan. Sama halnya dengan yang satu ini.

Melansir Liputan6, Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes, yakin calon Presiden Petahana Joko Widodo atau Jokowi tak akan mengumumkan nama calon wakil presidennya dalam waktu dekat. Meskipun telah mengungkapkan siapa kandidatnya.

"Saya melihat, meskipun Jokowi sudah mulai terbuka terkait nama-nama itu, tetapi Jokowi tetap saja menunda keputusannya jelang menit-menit terakhir jelang pendaftaran atau proses pendaftaran telah dilakukan," ucap Arya dalam sebuah diskusi di bilangan Cikini, Jakarta, Selasa 17 Juli 2018 malam.

Menurut Arya, ini adalah strategi Jokowi agar lawannya dalam Pilpres 2019 tak memiliki waktu untuk merespons cawapres Jokowi.

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

"Agar pergerakan terbatas, tidak merespons nama ini. Kedua kenapa juga diundur-undur, agar partai-partai ini (yang mendukung Jokowi) tidak pindah ke lain. Kalau disampaikan hari ini, ada potensi lain bermigrasi," ungkap Arya.

Selain itu, masih kata dia, dengan cara menunda, maka wacana hadirnya poros ketiga, juga akan sulit terjadi. "Ini juga menutup peluang poros ketiga," pungkas Arya.

Presiden Jokowi sebelumnya mengatakan partai politik pendukung hingga kini masih menggodok sejumlah nama cawapres yang layak mendampinginya di Pilpres 2019. Dari 10 nama yang beredar selama ini, sudah mengerucut menjadi lima cawapres.

(mdi)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio