Dreamland
>
Musik
>
Article

Mendadak Dominasi Chart, Satu Solois Korea Ini Juga Dituding Lakukan Praktik Sajaegi

17 Juli 2018 12:19 | 1891 hits

DREAMERS.ID - Beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan jika solois Nilo diduga melakukan praktik sajaegi atau memanipulasi agar bisa menduduki peringkat satu di tangga lagu Korea. Kini, muncul satu nama lagi yang diduga melakukan kecurangan serupa, yaitu Shaun.

Pada Senin (16/07), lagunya yang berjudul ‘Way Back Home’ berada di peringkat puncak di portal musik terbesar di Korea, yaitu Genie, Oleh Music, dan Bugs, mengalahkan TWICE ‘Dance the Night Away’, BLACKPINK ‘DDU-DU DDU-DU’, dan A-Pink ‘I’m So Sick’. Serta berada di posisi ketiga di MelOn, dan posisi lima di Mnet.

Akibatnya, Shaun dituding melakukan praktik sajaegi atau manipulasi seperti Nilo. Dugaan tersebut muncul karena lagunya naik ke peringkat satu di tengah malam, yang mana biasanya banyak anggota fanbase sangat gencar mendengarkan lagu idolanya. Biasanya, lagu seperti itu meningkat angka pendengarnya di jam sibuk saat orang pulang kerja ke malam hari.

Baca juga: 8 Lagu Korea yang Viral di Tiktok Sepanjang 2020

Dilansir dari laman Soompi, angka pendengar Shaun ‘Way Back Home’ meningkat sekitar pukul 10 malam pada Senin (16/07) kemarin, dan langsung masuk ke peringkat satu mengalahkan lagu baru MAMAMOOEgotistic’. Dugaan itu lantas dibantah oleh DCTOM Entertainment selaku agensi yang menaunginya.

“Ini benar-benar bukan manipulasi tangga musik. Kami akan membagikan informasi lebih detil melalui pernyataan resmi”. Saat disinggung terkait isu ‘viral marketing’, perwakilan agensi mengaku menggunakan sistem tersebut, “Benar. Kami melakukan viral marketing tapi kami akan mengungkapkan bagian mana yang digunakan”.

Shaun sendiri merupakan anggota band The KOXX yang sekarang aktif menjadi DJ dan produser. Ia merilis lagu ‘Way Back Home’ dari album ‘Take’ pada 27 Juni namun belum terlalu menarik perhatian publik, tetapi sering diputarkan di kafe, restoran, atau menjadi backsound sejumlah acara televisi. Lagu ini juga sempat mendapat dukungan dari aktris Lee Yoo Bi dan solois Younha.

(mth)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio