Dreamland
>
Film
>
Article

Analisa Perubahan Tren Konsep Variety Show Korea: 'Musiman' Hingga Gabungan Drama

25 Juni 2018 13:40 | 1674 hits

DREAMERS.ID - Selain musik dan drama, variety show Korea juga menjadi salah satu yang paling diminati publik, baik lokal maupun internasional. Mereka hadir dengan berbagai konsep berbeda yang segar dan menghibur, serta memiliki ciri khasnya masing-masing. Ada kalanya juga mengikuti tren atau bahkan membuat tren sendiri.

Outlet berita Herald Pop membuat analisa tersebut. Berbagai tema mulai dari tentang makanan, perjalanan, film, penelitian, olahraga, dan masih banyak lagi dikembangkan menjadi satu program variety. Diantaranya memiliki format masing-masing, seperti musim. Format 'musiman' atau season sudah mulai banyak diterapkan ke berbagai variety show Korea yang populer, misalnya ajang pencarian bakat 'Superstar K' atau 'K-Pop Star', hingga saat ini 'Produce 101'.

Lalu 'New Journey to the West', 'Youn's Kitchen',  'Grandpas Over Flowers', masih banyak lagi, dan kini 'Super TV'. Kebanyakan format 'musim' ini bisa disaksikan pada program dari stasiun televisi kabel, baru beberapa ada di stasiun televisi publik. Pada awal tahun ini, MBC menyatakan akan mulai menjajal format musim di program varietynya, misalnya yang direncanakan pada program 'Infinite Challenge'.

Format musim sendiri diterapkan dengan maksud bahwa saat program itu berakhir tidak berarti selesai sampai disitu karena ada kemungkinan besar untuk dilanjutkan atau diperbaiki dari musim sebelumnya, namun tetap dengan benang merah yang sama.

Baca juga: Yoo Jae Suk, Sungjae BTOB, Hoshi SEVENTEEN hingga Karina aespa Bintangi Variety Show Baru KBS

Kedua, adalah format terbaru yakni pre-production, di mana suatu program akan tayang setelah seluruh proses produksi selesai. Tipe format ini baru terbilang baru di dunia variety, usai sebelumnya sukses diterapkan oleh drama KBS 'Descendants of the Sun'. Program variety Korea pre-production pertama adalah Netflix 'Busted'. Variety besutan mantan produser 'Running Man' ini pun sukses diterima publik hingga sudah dikonfirmasi akan lanjut ke musim kedua.

Variety 'Busted' juga menuai pujian kareba menyuguhkan konsep yang berbeda tak hanya dari segi tema acaranya, tetapi juga penggabungan elemen drama. Dari episode satu ke episode-episode berikutnya pun semakin lucu dari aksi para member tetapnya, yakni Yoo Jae Suk, Ahn Jae Wook, Lee Kwang Soo, Kim Jong Min, Park Min Young, Sehun EXO, dan Sejeong gugudan.

Contoh program variety show lain yang hadir dengan konsep berbeda adalah MBC 'Dunia', di mana menggabungkan elemen permainan yang memungkinkan penonton memilih pemainnya. Para member seperti Yunho TVXQ, Jung Hye Sung, Sam Okyere, DinDin, Don Spike, Goo Ja Sung, Han Seul, Kwon Hyun Bin, Luda Cosmic Girls, dan Austin Kang, ditantang untuk bertahan hidup dan menjelajahi area terpencil.

(mth)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio