Dreamland
>
Berita
>
Article

Di Kedalaman Inilah KM Sinar Bangun Ditemukan di Dalam Danau Toba

24 Juni 2018 20:13 | 2651 hits

DREAMERS.ID - Pihak Basarnas yang mengkoordinasikan pencarian KM Sinar Bangun yang masih tenggelam bersama puluhan penumpangnya, akuirnya menemukan dan berhasil mendeteksi posisi kapal itu di kedalaman Danau Toba, Sumatera Utara.

Mengutip Antara via Kompas, Dirut Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo mengatakan, Basarnas bersama "Mahakarya Geo Survey" Ikatan Alumni ITB telah mengerahkan peralatan untuk mencari KM Sinar Bangun.

Disaksikan langsung Menteri Sosial Idrus Marham, tim gabungan berhasil mendeteksi lokasi dan koordinatnya KM Sinar Bangun pada Minggu siang, tepatnya pukul 11.12 WIB.

Baca juga: Ributnya Video Debat Sengit Luhut dan Ratna Sarumpaet Soal KM Sinar Bangun, Ternyata Bukan Hanya Berdua

Diketahui posisi KM Sinar Bangun berada pada koordinat 2,47 derajat lintang utara dan 98,6 derajat bujur timur. Dengan koordinat dan posisi tersebut, akan diserahkan kepada pihak Basarnas yang akan memegang kendali untuk langkah strategis selanjutnya.

Mengingat kondisi kedalaman yang mencapai 450 meter, Ikatan Alumni ITB mengusulkan untuk memobilisasi ROV ECA H1000 "semi work class" untuk membantu proses pengangkatan kapal.

Apalagi diperkirakan banyak korban masih terperangkap di dalam badan kapal yang melayani pelayaran dari Pelabuhan Tigaras di Kabupaten Simalungun menuju Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir itu.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio