Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Pedas Nagih, Rahasia Nikmatnya Sambal Khas Indonesia yang Mendunia

19 April 2018 13:16 | 2965 hits

DREAMERS.ID - Sebagian orang Indonesia pasti suka sama yang namanya sambal. Makan nasi tanpa sambal rasanya bagaikan laut tanpa garam. Bahkan hingga orang asing pun banyak yang menyukai si pedas yang bikin nagih ini.

Nah, dibawah ini kita akan membahas apa sih rahasianya sambal Indonesia itu bisa enak dan bikin nagih? Simak ulasan dibawah!


image source : intisarifoto

Sambal Indonesia sebenarnya memiliki racikan yang beraneka ragam di setiap daerah. Meski begitu sambal khas daerah manapun tetap diminati, bagaimanapun racikannya. Sambal khas sendiri terdiri dari berbagai macam jenis seperti sambalado, sambal matah, sambal goreng, sambal terasi, sambal dabu-dabu itu beberapa sambal khas nusantara yang memiliki cita rasa tersendiri.

Melansir CNNIndonesia, Ragil Imam Wibowo, salah satu koki Indonesia menjelaskan asal mula sambal. Cabai yang jadi bahan utama pembuatan sambal berasal dari Amerika Selatan yang dibawa penjajah Portugis dan Spanyol. Sesampainya di Indonesia, cabai diolah dengan bumbu dan bahan masyarakat setempat.

Ragil juga mengatakan, adaptasi sambal dengan perpaduan bahan-bahan khas masyarakat setempat membuat rasa sambal menjadi makin nikmat. Ragil menyebut kunci kenikmatan sambal Indonesia terletak pada rasa yang seimbang.


image source : duniakulinerbandung

Sementara Chef Bara Pattiradjawane menilai kenikmatan sambal dari berbagai daerah di Indonesia berasal dari keunikan rasa dari setiap daerahnya itu sendiri.

"Yang bikin enak itu keunikannya. Dari timur sambalnya lebih segar dari perasan jeruknya dan cenderung diiris. Kalau di Jawa lebih berat dengan tambahan gula dan minyak. Di Sumatera kembali lagi banyak perasan jeruknya," tutur Bara.


image source : blog/lezatacademy

Selain itu, keunikan rasa sambal juga bergantung pada jenis cabai yang ada di daerah tersebut. Jenis cabai disetiap daerah di Nusantara memiliki karakteristik yang berbeda. Chef Billy Kalangi menjelaskan aneka cabai seperti cabai merah, hijau, rawit di setiap daerah memiliki tingkat kepedasan yang berbeda.

Para chef juga menambahkan tips membuat sambal yang enak, cara membuat sambal yang enak itu yang paling terpenting adalah kesegaran bahan bakunya.

(elha)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio