Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Wow, Tahun Depan Ban Tanpa Angin Diproduksi

15 Maret 2013 16:15 | 2721 hits

Dunia otomotif masa depan sepertinya bakal mengganti ban pada kendaraan yang ada pada saat ini. Pasalnya teknologi dunia otomotif terbaru menemukan Non-pneumatic tires atau ban tanpa angin, akan terealisasi dan bisa di nikmati publik pada tahun 2014 mendatang.

Dilansir dari Autoevolution, teknologi ban ini tidak membutuhkan angin memang bukan sesuatu yang baru. Sebelumnya Michelin pernah memamerkan Non-Pneumatic Tires (NPT) pada 2005 lalu. Namun hingga saat ini Michelin belum pernah mempublikasinya secara umum.

Tapi, spesiaslis kendaraan off-road Polaris, berencana akan meluncurkannya tahun depan. Polaris berniat melansir ban tanpa udara mulai 2014 mendatang. NPT ini sebenarnya dikembangkan oleh Resilient Technologies, sebuah perusahaan kecil yang diakuisisi oleh Polaris tahun lalu.

Baca juga: Ban Motor Sebabkan Valentino Rossi Start di Posisi Ke-tujuh?

“Cara kerja ban tanpa angin ini sangat mirip dengan roda sepeda. Beban ban ada pada ketegangan di bagian atas roda,” ungkap juru bicara Polaris, Jason Difuccia.

 “Bagian bawah roda dirancang untuk memberikan daya dorong pada jenis medan jalan seperti batu, trotoar, dan medan lainnya,” terangnya.

Cara kerjanya memang sederhana, NPT punya tapak yang rata dan ini bisa digunakan di segala medan. Ban tanpa udara ini memang praktis tanpa perlu khawatir bocor, hingga tidak perlu membawa ban serep dan dongkrak di dalam bagasi.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio