Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Nama Asli dan Sejarah Robot Hijau Android yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

22 Januari 2018 11:00 | 2172 hits

DREAMERS.ID - Sistem operasi Android punya maskot robot hijau dengan dua antena di kepalanya. Meski orang telah familiar dengan bentuknya yang ikonik, namun sepertinya tak banyak yang mengetahui jika robot hijau ini sebenarnya memiliki nama.

Melansir dari TechSpot melalui Kompas, tim Android di Google memberi nama maskot ini Bugdroid . Alasannya karena para programer harus selalu berhadapan dengan bug atau lubang kelemahan sistem. Bugdroid sendiri "lahir" pada 5 November 2007. Maskot robot hijau dengan dua antena ini diciptakan oleh seorang anggota tim Marketing Communication Google, Irina Blok.

Irina menceritakan bahwa ia hanya butuh waktu 5 menit untuk menciptakan maskot tersebut. Awalnya, wanita ini diberikan tugas oleh tim pengembang untuk menciptakan maskot dalam waktu kurang dari seminggu. Sebab, seminggu kemudian Google akan merilis OS Android secara resmi.

Inspirasi maskot Android sendiri datang saat ia berada di toilet bandara. Pada umumnya, toilet bandara memiliki ikon sederhana, seperti bangun datar yang menyerupai laki-laki atau perempuan. Dan itulah yang dilakukan oleh Irina dengan inspirasi bangun datar.

Baca juga: WhatsApp Android Bakal Punya Fitur Keamanan Baru Mirip iPhone

Alhasil dalam waktu hanya lima menit, Irina berhasil menciptakan Bugdroid. Meskipun sebetulnya ia tidak memiliki latar belakang sebagai desainer, maskot yang diciptakannya diterima oleh tim Google dan mendunia hingga saat ini.

Sebelumnya, maskot Android sempat dibuat oleh salah satu karyawan Google, Dan Morril. Maskot Android yang diciptakan Morril menyerupai robot yang sedang mabuk. Keempat maskot tidak resmi ini dibuat dalam warna, merah, kuning, hijau, dan biru. Keempat maskot ciptaannya itu ia namakan Dandroid.

Sayangnya saat mendekati waktu peluncuran, Morril tidak memiliki banyak waktu untuk mendesain ulang ikon atau maskot tersebut. Pasalnya, ia harus merampungkan sejumlah bahasa pemrograman. Sehingga, tugas tersebut dialihkan pada Irina.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio