DREAMERS.ID - Pengaruh G-Dragon di Tiongkok ternyata sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari bagaimana para penggemarnya menghabiskan banyak uang untuk membeli barang-barang yang berhubungan dengan leader BIGBANG ini selama tahun 2017.
Situs shopping mall China Taobao baru-baru ini merilis data statistik tentang ‘Peringkat Barang Terkait Selebriti Tahun 2017’. Angka pembelian di Taobao merupakan salah satu indokator besar untuk mengukur popularitas seorang artis di Negeri Tirai Bambu.
Baca juga: G-Dragon Kejutkan Fans dengan Rilis Lagu Baru Hari Ini
Dalam data tersebut, fans di China telah menghabiskan setidaknya 247 juta yuan atau sekitar 512 miliar rupiah selama tahun 2017 untuk membeli barang-barang terkait G-Dragon, membuatnya berada di posisi keempat dan menjadi satu-satunya selebriti non-China yang ada dalam daftar.Selain merchandise, barang-barang yang dibeli sebagian besar merupakan item dari brand pakaian sang penyanyi, PEACEMINUSONE. Lebih jauh menunjukkan popularitasnya, pada 2016 lalu kolaborasinya dengan brand 8Seconds juga membuat fans Tiongkok berburu toko di Seoul.
Tak hanya itu, pemilik nama asli Kwon Jiyong ini juga menempati peringkat kedua dalam ‘Celebrity Influencing Consumption of Chinese in 2017’ yang dirilis perusahaan e-commerce China Alibaba. Peringkat pertama ditempati Yang Mi, Luhan ke-3, dan Fan Bingbing ke-4.
(fzh)