Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Mengenal Beberapa Jenis Parasomnia, Perilaku Aneh Saat Tertidur

09 November 2017 19:00 | 1654 hits

DREAMERS.ID - Saat tertidur, orang memang biasanya tidak menyadari apa yang terjadi. Namun dalam beberapa kasus, sebagian orang bisa melakukan hal-hal aneh yang tidak disadari saat tertidur, seperti makan, berjalan, dan lainnya.

Hal tersebut dinamakan sebagai parasomnia, yaitu perilaku abnornal yang terjadi selama tidur. Dan menurut The National Sleep Foundation, 10% dari manusia di seluruh dunia mengalaminya, seperti dilansir Prevention.

Para ahli belum mengetahui secara pasti penyebab dari parasomnia ini, namun yang jelas dua pemicu utamanya adalah kekurangan tidur dan stres. Meski aneh, namun sebagian besar parasomnia dibilang normal, dan itu tidak berarti ada sesuatu yang salah dengan diri seseorang.

Nah berikut adalah beberapa hal aneh yang mungkin dilakukan seseorang saat tertidur atau mengalami parasomnia.

1. Berkeliaran di rumah

Berjalan saat tertidur adalah salah satu jenis parasomnia yang terjadi selama tidur. Salah satu kesalahpahaman umum tentang berjalan dalam tidur adalah bahwa mereka keluar dari mimpi mereka. Sebenarnya, berjalan saat tidur terjadi dalam tidur tahap ketiga, dan dalam tahap itu, seseorang belum bermimpi sehingga tidak ada kaitannya dengan mimpi yang dialami seseorang.

2. Berbicara atau berteriak

Berjalan atau berbicara saat tidur sangat umum terjadi pada anak-anak, dan biasanya akan berakhir saat sudah memasuki masa pubertas. Night terrors atau keadaan di mana seseorang duduk di tepat tidur dengan mata terbuka, namun sebenarnya mereka tertidur bisa terjadi karena si anak mendapat tekanan atau bully. Night terrors ini sering disalah artikan sebagai mimpi buruk.

3. Mengirim pesan atau SMS

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Mengirim pesan saat tertidur memang terlihat aneh, namun hal ini menjadi tidak mengherankan jika mengingat banyak orang yang tertidur di samping ponselnya. Hal ini tidak berbahaya tapi akan pastinya akan memalukan.

4. Mengemudi

Beberapa jenis parasomnia bisa menjadi sangat berbahaya apalagi jika saat tidur berjalan ke luar rumah. Salah satu kemungkinan adalah seseorang mengemudi dalam keadaan tidur dan pastinya akan berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain.

5. Makan

Salah satu jenis parasomnia lainnya adalah menyiapkan makanan lalu memakannya. Dan dalam beberapa kasus, makanan yang dimakan tidak layak untuk dimakan seperti memakan bawang mentah, rokok, atau makanan dengan kalori tinggi. Hal itu karena mereka tidak menyadari apa yang dilakukan.

6. Bertingkah keluar dari mimpi

Ini adalah saat di mana kebiasaan tidur bisa menjadi berbahaya. Biasanya saat tahap REM atau mimpi, otot menjadi lumpuh sehingga menjaga kita bertingkah keluar dari mimpi. Namun dalam beberapa kasus, kelumpuhan otot ini bisa gagal sehingga orang melakukan hal seperti dalam mimpinya.

Apa kamu pernah mengalami parasomnia, Dreamers?

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio