Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Lebih dari 1 Juta Pengguna Android Tertipu Download Aplikasi WhatsApp Palsu

06 November 2017 22:00 | 3784 hits

DREAMERS.ID - Hati-hati saat ingin mengunduh sebuah aplikasi. Baru-baru ini terungkap bahwa ada lebih dari satu juta pengguna perangkat Android telah tertipu dengan men-download aplikasi pesan instan WhatsApp palsu di Google Play Store.

Sejumlah developer atau pengembang tak bertanggung jawab memanfaatkan nama besar WhatsApp untuk menipu pengguna. Salah satunya yang tengah menghebohkan adalah aplikasi bernama ‘Update WhatsApp Messenger’.


Image source: Twitter

Aplikasi palsu tersebut berhasil memperdaya banyak pengguna karena memang hadir dengan informasi yang meyakinkan seperti menyematkan nama WhatsApp Inc. sebagai pengembang. Tak heran, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta orang seperti yang tertera pada bagian informasi dari laman Google Play Store.

Baca juga: Inilah Daftar Ponsel yang Tidak Bisa Gunakan WhatsApp di Tahun 2021

Dilansir dari laman Digital Trends, aplikasi palsu ini memang menampilkan fungsi serupa WhatsApp asli. Namun di dalamnya, pengguna akan menemukan banyak iklan dan sejumlah kode untuk mengunduh aplikasi lain.

Menurut laporan BBC, si pengembang aplikasi palsu ini menggunakan sejumlah trik Unicode untuk membuatnya tampak seperti WhatsApp asli. Mereka menggunakan nama yang sama namun mengganti spasi dengan karakter khusus sehingga terlihat seperti spasi. Untungnya, Google sudah menghapus aplikasi palsu ini dari Play Store agar tak ada korban lebih banyak.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio