Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

5 Keuntungan yang Didapat Jika Berolahraga Saat Menstruasi

27 Agustus 2017 10:15 | 2569 hits

DREAMERS.ID - DREAMERSRADIO.COM - Saat sedang mengalami menstruasi, tubuh biasanya terasa lebih sakit dan membuat malas untuk bergerak. Namun faktanya, penelitian justru menunjukkan bahwa wanita yang sedang menstruasi akan merasa lebih baik jika bergerak atau berolahraga.

Melansir Health, berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui jika melakukan olahraga saat menstruasi.

1. Membantu mengatasi gejala mestruasi yang mengganggu

Bergerak atau bekerja mungkin menjadi hal yang paling tidak diinginkan saat menstruasi, tapi rupanya hal ini dapat membantu meringankan gejala menstruasi yang dianggap mengganggu seperti kram dan menstruasi yang deras, kata Stacy Sims, PhD, seorang ahli fisiologi olahraga untuk USA Cycling Women’s Track Endurance Program.

2. Waktu terbaik untuk olahraga

Saat menstruasi mungkin menjadi waktu yang terbaik untuk berolahraga karena pada saat itu tingkat progesteron dan estrogen menurun yang membuat pemecahan lemak lebih cepat, kata Sims.

3. Menjaga tetap dingin

Baca juga: Mantan Idol K-Pop Ungkap Kesulitan Para Girl Group Hadapi Menstruasi

Suhu tubuh menjadi lebih rendah saat sedang menstruasi sehingga tubuh lebih cepat lelah dan membuat tubuh menyimpan lebih panyak panas tanpa menyentuh titik kritis kelelahan sistem saraf pusat. Dan menurut Sims, hal ini membuat tubuh lebih bisa mentolerir suhu panas.

4. Dapat membuat lebih nyaman

Jika kamu mengetahui kapan waktu menstruasi akan datang, lakukan pencegahan rasa sakit yang mungkin datang dengan mengkonsumsi pereda nyeri seperti naproxen atau ibuprofen 24 jam atau 48 jam sebelum haid. Dengan hal ini,kamu bisa berolahraga lebih nyaman.

5. Biarkan tubuh istirahat

Jika tubuh benar-benar merasa tidak enak karena efek menstruasi, Sims mengatakan tidak apa-apa jika tubuh benar-benar beristirahat selama satu atau dua hari.

 

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio