Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Yuk Redakan Nyeri Haid dengan Pengobatan Sederhana Ini

22 Juli 2017 10:10 | 2098 hits

DREAMERS.ID - Saat menstruasi kerap kali kita merasakan sakit di area perut sehingga membuat wanita sulit beraktivitas seperti biasa. Tingkat rasa sakit yang dihadapi pun berbeda dari setiap wanita namun rasa tidak nyamannya tak bisa dihindari. Umumnya rasa sakit akan lebih terasa di hari pertama atau kedua menstruasi.

Siapa pun tentu tak ingin aktivitasnya terganggu dengan rasa sakit saat menstruasi ini. Meski tak dapat dihindari, ada beberapa cara yang dapat dilakukan di rumah untuk meringankan rasa sakit atau bahkan menghilangkannya, dikutip dari Bold Sky.

1. Tidur

Saat tubuh merasa tidak sehat, obat terbaik yang dapat dilakukan adalah tidur. Karena saat tidur, otot akan santai dan pulih. Tidur dengan waktu yang panjang saat menstruasi dan terbangun dengan perasaan santai.

2. Pijat

Lakukan pijatan ringan di bagian tubuh yang terasa sakit. Pijatan yang ringan akan mengendurkan otot dan membuatnya santai sehingga membuat kondisi tubuh lebih baik.

3. Kantung panas

Tempatkan kantung khusus atau botol yang berisi air panas pada bagian tubuh yang sakit. Namun pastikan untuk mengangkat kantung/botol tersebut sebelum tertidur nyenyak.

4. Mandi air hangat

Sama seperti kompres air hangat, mandi dengan menggunakan air hangat juga dapat menimbulkan efek yang nyaman.

5. Makanan ringan

Saat merasa sakit selama menstruasi, cobalah untuk mengkonsumsi makanan ringan karena makanan yang berat akan membuat perut tidak nyaman.

6. Karbohidrat kompleks

Beberapa ahli menyarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang terbuat dari tepung halus karena sulit dicerna dan membuat sakit lebih parah sehingga pilih lah makanan dengan karbohidrat kompleks.

7. Buah dan sayur

Apapun masalah yang terjadi dalam tubuh, buah dan sayur selalu membantu. Begitu pula saat menstruasi. Buah dan sayur sangat ringan dicerna dan memiliki gula alami serta mengandung banyak cairan dan vitamin.

8. Hindari kopi

Bagi beberapa orang, kopi dapat membuat rasa sakit bertambah parah.

9. Hindari terlalu banyak gula dan garam

Tambahan gula dan garam dalam makanan dan minuman tidak baik dari segi apapun.

10. Tambah asupan cairan

Selama menstruasi, tubuh kehilangan banyak darah sehingga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, konsumsi lebih banyak air.

11. Obat

Untuk mengurangi rasa sakit, konsumsi obat anti-peradangan.

12. Olahraga

Olahraga membuat otot tetap lentur dan membantu mengurangi rasa sakit.

13. Turunkan berat badan

Jika tubuh kelebihan berat badan, cobalah untuk menurunkannya untuk meringankan rasa sakit saat menstruasi.

14. Aktif

Gaya hidup yang aktif memiliki banyak manfaat. Tidak hanya membuat tetap sehat, tapi juga membuat periode menstruasi berjalan tanpa masalah.

15. Vitamin

Berikan tubuh asupan vitamin agar tetap sehat. Dengan nutrisi yang baik, tubuh juga tetap sehat dan terhindar dari masalah seperti sakit saat menstruasi.

(dits)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio