DREAMERS.ID - Tingkat kepercayaan konsumen akan sebuah brand atau merek memang sangat penting untuk kelanjutan hidup perusahaan. Jika menyebut kata Samsung, orang pasti ingat akan kegagalan Galaxy Note 7 akibat masalah baterai yang memicu ledakan.
Namun hal itu rupanya tak mengurangi tingkat kepercayaan konsumen kepada perusahaan elektronik asal Korea Selatan tersebut secara drastis. Publik saat ini mulai memaafkan Samsung karena salah langkahnya, setidaknya di Asia setelah berusaha mengembalikan citra dengan meluncurkan Galaxy Note 7 rekondisi dengan spesifikasi dan nama baru menjadi Galaxy Note Fan Edition.
Baca juga: TXT Umumkan Rilis Lagu Kolaborasi dengan Samsung 'Open Always Wins'
Pasalnya, Samsung baru saja mendapatkan penghargaan sebagai posisi teratas dalam riset pasar Nielsen "survei 1.000 merek teratas di Asia", yang meliputi seluruh produk konsumen. Ini adalah tahun keenam berturut-turut penghargaan tersebut diberikan kepada Samsung.Dan yang mengesankan, survei tersebut tidak membatasi diri hanya pada merek Asia, tetapi juga merek lain seperti Apple dan Nestle. Survei tersebut dilakukan secara online dan melibatkan lebih dari 6.000 peserta di 13 negara Asia. Mereka diminta untuk memilih merek yang paling terpecaya untuk 17 kategori produk konsumen yang berbeda.
Hasilnya kemudian dihitung, dan Samsung muncul yang secara teori, sebagian dapat dikaitkan tidak hanya dengan kualitas produknya, tapi juga variasi yang cukup banyak. Namun, Samsung sendiri mengklaim bagaimana perusahaan tersebut menangani kegagalan Note 7 juga merupakan faktor utama mengapa perusahaan masih dipercaya konsumen.
(fzh/Phone Arena/Antara)