Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Apple Ungkap Rencana Uji Coba Jaringan 5G untuk iPhone Masa Depan

25 Mei 2017 23:00 | 2212 hits

DREAMERS.ID - Laporan terbaru menyebutkan jika Apple memiliki rencana untuk melakukan uji coba teknologi jaringan nirkabel generasi kelima atau 5G. Jaringan super cepat ini kabarnya bakal digunakan Apple untuk iPhone di masa depan.

Seperti diketahui sampai saat ini penggunaan nirkabel masih memanfaatkan jaringan 4G. Untuk 5G masih dalam bentuk uji coba dan belum dikomersilkan. Rencananya, negara seperti Jepang juga baru memamerkan jaringan 5G pada 2020 saat momen olimpiade.

Namun perusahaan teknologi yang bermarkas di Cupertino ini telah mengajukan lisensi eksperimen penggunaan teknologi nirkabel baru kepada regulator Federal Communications Commision (FCC). "Hal ini akan memberikan data teknis yang relevan dengan pengoperasian perangkat pada jaringan 5G di masa mendatang," tulis Apple, Rabu (24/5).

Baca juga: iPhone 15 Baru Bisa Dipesan, Apple Dikabarkan Tengah Siapkan iPad Lipat!

Meskipun 5G tetap merupakan konsep yang agak samar-samar karena sejumlah pihak belum menegaskannya secara formal, teknologi penerus 4G atau LTE (Long Term Evolution) tersebut secara luas dipahami mampu melakukan kecepatan gigabit yang mengandalkan teknologi gelombang milimeter (mmWave).

Lantaran mmWave mentransmisikan data pada frekuensi yang lebih tinggi, maka dengan demikian panjang gelombang yang lebih kecil antara 30 GHz dan 300 GHz membuat teknologi tersebut mampu mengurangi latensi dan memperluas kapasitas transmisi data.

(fzh/Antara/Detik)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio