Dreamland
>
Berita
>
Article

Ahok Sebut Angka Pengangguran Berkurang, Bagaimana Jumlah Sebenarnya?

16 Januari 2017 07:00 | 1233 hits

DREAMERS.ID - Pengangguran memang menjadi salah satu permasalahan di beberapa wilayah Indonesia khususnya termasuk di DKI Jakarta. Namun, meski hal ini masih menjadi pekerjaan rumah yang harus segera ditangani oleh para calon gubernur, ternyata angka pengangguran di Jakarta sempat pengalami penurunan yang terbilang lumayan.

Kabar gembira ini disampaikan langsung oleh salah satu calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam debat cagub-cawagub yang berlangsung pada Jumat (13/1) lalu. Ia mengatakan jika jumlah penurunan di Jakarta bahkan lebih besar dibanding jumlah penurunan di Indonesia.

"Ketika kami masuk 2013, pengangguran itu 8,3 persen, sekarang jadi 6 persen. Nah, nasional hanya turun dari 5 (persen) ke 5 (persen) saja. Jadi itu yang kita harus melihat, gap yang berhasil kami turunkan begitu luar biasa" ujar Ahok,mengutip Kompas

Baca juga: Fakta-fakta Nicholas Sean, Putra Sulung Ahok yang Dilaporkan Atas Penganiayaan

Meski terdengar ‘sok tahu’, namun apa yang diungkapkan Ahok ternyata memang benar walau angkanya sedikit meleset. Pada data tentang tingkat pengangguran terbuka provinsi, persentase pengangguran di Jakarta sebesar 8,63 persen pada tahun 2013. Pada tahun 2016, tingkat pengangguran di Jakarta sebesar 6,12 persen.

Sementara, jumlah pengangguran secara nasional adalah adalah 6,17 persen pada tahun 2013. Jumlah pengangguran turun menjadi 5,61 persen pada tahun 2016, berdasarkan situs resmi Badan Pusat Statistik, www.bps.go.id

(nnd)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio