DREAMERS.ID - Dalam beberapa tahun terakhir, indikator kepopuleran sebuah drama tak hanya dilihat dari perolehan rating penontonnya saja. Dengan memperhitungkan berbagai faktor, sebuah drama dikatakan populer jika mendapat angka Content Power Index (CPI) yang tinggi.
CPI sendiri merupakan integrasi indeks berdasarkan peringkat melalui pencarian langsung di search engine (mesin pencari), media sosial, dan langganan (subscription) berita online yang dikembangkan oleh CJ E&M dan Nielsen Korea pada 2012.
Drama baru KBS ‘Hwarang’ rupanya menjadi drama slot Senin-Selasa yang terbilang sukses menarik perhatian penonton. Meski kalah dalam hal rating dengan drama SBS ‘Romantic Doctor Teacher Kim’, ‘Hwarang’ ternyata unggul dalam CPI.
Baca juga: Agensi Umumkan Hwarang TEMPEST Keluar dari Grup
Drama yang menampilkan romansa dan bromance ini banyak mendapat komentar positif. Para aktor muda yang tergabung sebagai ksatria Hwarang berhasil menarik perhatian para penonton dengan pesonanya, cerita yang kuat, dan juga pesan yang disampaikan.Berdasarkan CJ E&M dan Nielsen Korea, pada periode 19-25 Desember, ‘Hwarang’ menduduki posisi pertama drama paling berpengaruh. Drama yang dibintangi Park Seo Joon, Park Hyung Sik dan Go Ara ini juga menduduki posisi pertama drama Senin-Selasa yang paling banyak diperbincangkan selama 3 minggu berturut-turut.
Beberapa mesin pencarian terbesar di Korea Selatan seperti Naver, Daum, dan lainnya mengungkapkan bahwa kata kunci “Hwarang”, “Hwarang Park Seo Joon”, “Hwarang Park Hyung Sik”, dan lainnya merupakan kata kunci yang paling banyak dicari.
Tak hanya drama dan pemainya, kata kunci untuk OST ‘Hwarang’ pun banyak digunakan, menunjukkan respon yang hangat dari penonton drama dan penggemar si penyanyi. Well, sepertinya demam ‘Hwarang’ sudah dimulai ya ^^
(fzh/Images: KBS)