Dreamland
>
Berita
>
Article

Korban Tewas Hingga 102 Jiwa, Gempa Aceh Setara Empat Kali Bom Hiroshima?

08 Desember 2016 14:00 | 857 hits

DREAMERS.ID - Jumlah korban tewas gempa Aceh yang memiliki daerah dampak terparah, Pidie, menembus 100 korban jiwa. Tercatat sementara melalui Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban dalam gempa 6.5 Skala Richter itu saat ini adalah 102 orang dan kemungkinan akan terus bertambah.

Melansir CNN, perekayasa Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyebut jika gempa bumi Aceh tersebut memiliki kekuatan yang setara dengan empat hingga enam kali kekuatan bom atom Hiroshima yang terjadi di Jepang pada Perang Dunia II.

"Gempa dangkal dekat bibir pantai tapi secara magnitude tidak sampai sebabkan tsunami. Kekuatannya setara 4 hingga 6 kali bom Hiroshima, karenanya bisa ratusan bangunan rusak," kata Manajer Teknik Uji Numerik Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai BPPT Widjo Kongko.

Baca juga: Aceh Diguncang Gempa Cukup Besar 6.4 SR, Diminta Waspada Gempa Susulan

Lebih tepatnya, gempa bumi itu terletak pada 5.25 Lintang Utara dan 96.24 Bujur Timur dan terjadi di darat. Berbeda dengan gempa yang mendatangkan tsunami pada 2004 lalu terjadi di dalam laut. Lebih lanjut, gempa di kedalaman 15 Km itu bukan berasal dari sesar (patahan) subduksi melainkan sesar mendatar.

Artinya, gempa Aceh terjadi karena pergerakan patahan di darat yang mendatar. Namun memberikan dampak dahsyat karena terjadi di kedalaman yang dangkal. Hingga kini, tercatat sekitar 2.154 orang mengungsi di 11 titik dengan ratusan orang mengalami luka-luka.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio