Dreamland
>
Berita
>
Article

Indonesia Jadi Lokasi Ideal, Ini Fakta Menarik Soal 'Supermoon' Langka Nanti Malam

14 November 2016 12:38 | 1836 hits

DREAMERS.ID - Malam 14 November nanti akan spesial karena fenomena Supermoon atau bulan purnama akan terlihat lebih besar dan terang. Istimewanya, Indonesia akan jadi lokasi ideal untuk melihat fenomena indah dan langka ini.

"Sama seperti purnama lainnya, supermoon akan tampak hampir di seluruh dunia sesudah maghrib di ufuk Timur dan terbenam saat matahari terbit," ujar Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin. Namun sebelum memandangi bulan malam nanti, ada beberapa fakta yang harus diketahui.

1. Momen Terbesar Sepanjang 70 Tahun Terakhir

Supermoon malam ini akan jadi yang terbesar sejak kejadian serupa pada tahun 1948. Secara matematis, bulan nanti malam akan terlihat 30% lebih terang dan 14% lebih besar ketimbang Bulan Purnama biasa.

2. Julukan ‘Beaver’

Supermoon kali ini juga punya julukan super unik, yakni ‘Beaver Moon’ yang berarti Bulan Berang-Berang. Ternyata, orang pribumi Amerika dulu meyakini jika bulan November adalah waktu tepat untuk memasang jebakan berang-berang sebelum rawa membeku karena musim dingin. Karena zaman dulu, berang-berang adalah bahan makanan danmata pencaharian pribumi AS mulai dari kulit hingga dagingnya.

Baca juga: Ketahui Resikonya, 'Bulan Darah Biru' dan Dua Fenomena Lain Akan Hiasi Langit Indonesia

3. Terulang Lagi Tahun 2034

Fenomena ini disebut langka karena sangat jarang terjadi. Fenomena serupa diprediksi akan terjadi lagi pada 25 November 2034, selang 18 tahun dari sekarang. Jadi, persiapkan yang matang untuk mengabadikan momen Supermoon nanti dan cari lokasi yang minim polusi cahaya kota.

4. Tak Berbahaya

Berbeda dengan matahari, Supermoon sejatinya adalah bulan yang biasa kita pandangi setiap malam. Jadi tidak berbahaya untuk dipandang dengan mata telanjang. Tentu syaratnya langit harus terang. Meski tidak berbahaya juga untuk smartphone atau kamera lainnya, tidak ada salahnya memandangi bulan nanti malam dengan teleskop agar lebih maksimal.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio