Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Bagaimana Baca Label Kadaluwarsa Makanan?

22 Januari 2013 12:15 | 3059 hits

Bagi kamu yang ingin berbelanja bahan makanan tentu diharuskan selalu membaca kadaluwarsa  yang tertera. Namun banyak orang ragu karena dipusingkan dengan istilah-istilah asing pada kemasan makanan, yang sebenarnya menjelaskan istilah kadaluwarsa.

Dilansir dari Eatbydate, badan pengawas obat dan makanan berbagai negara pun mengharuskan produsen makanan untuk mencantumkan tanggal kadaluwarsa . Tujuannya membantu pembeli mengetahui kualitas makanan yang ada didalamnya.

Kalau kamu masih bingung, banyak cara untuk mengklasifikasi tanggal layak konsumsi makanan, berikut istilah yang populer untuk menjelaskan kadaluwarsa:

Best Before Date (terbaik sebelum tanggal)
Dari kacamata produsen, ini merupakan tanggal terakhir dimana makanan masih memilki rasa dan kualitas terbaik atau masih dalam masa optimal. Produk masih bisa digunakan setelah tanggal yang dicantumkan dalam kemasannya. Tambahan, jika produsen menuliskan tanggal Best if Used By atau Best By, ini maksudnya kualitas makanan dapat berkurang setelah tanggal tersebut, tetapi makanan masih baik jika dimakan sebelumnya.

Baca juga: Selain 'Micin', Bahan Makanan Ini Juga Sebaiknya Dihindari Demi Kesehatan

Use by Date (gunakan tanggal)
Use by date merupakan tanggal terakhir makanan masih memiliki kualitas, menurut produsen makanan. Istilah ini direkomendasikan oleh produsen makanan untuk mendapatkan kualitas puncak dari produknya. Jadi masih bisa memakannya meski lewat tanggal yang dicantumkan, hanya saja kemungkinan besar tidak akan mendapatkan kualitas puncak dari produk tersebut.

Sell by Date (dijual pada tanggal)
Penyebutan Sell by Date yang tercantum pada produk makanan menunjukkan tanggal terakhir masa konsumsi makanan. Ini merupakan tanggal terakhir seharusnya toko menjual makanan tersebut. Setelah tanggal Sell by Date, berarti produk tersebut harus disingkirkan. Meskipun produk makanan masih dapat digunakan setelah tanggal ini, Anda dianjurkan untuk tidak membeli produk ini jika Sell by Date telah lewat.

Shelf life (masa tahan)
Shelf Life dari makanan yang tertera mengacu pada kode umum (Use by Date, Sell by Date, and Best Before Date). Tanggal ini tergantung pada jenis kode yang digunakan dan jenis produk yang bersangkutan.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio