Dreamers.co.id – Produk Apple yang tengah naik daun dengan berbagai produk inovatif ternyata tak diikuti dengan memberikan layanan yang buruk kepada pelanggan. Karena hal itulah Apple di denda 900 ribu Euro di Italia oleh lembaga Antitrust karena dianggap memberikan informasi .
Dilansir dari Reuters, lembaga Antitrust Italia menyebut Apple Sales International, Apple Italia, dan sejumlah retailer Apple di Italia tidak memberikan informasi kepada konsumen soal asistensi gratis. Dalam hukum Italia, konsumen berhak mendapatkan asistensi gratis pasca penjualan selama dua tahun.
Sementara itu, tiga juru bicara Apple yang dihubungioleh Reuters belum bersedia memberikan komentar terkait hal tersebut. Informasi yang menyebutkan skema garansi ekstra di Apple Care Protection Plan menarik konsumen untuk membeli produk dan layanan itu.
Namun, informasi itu tanpa keterangan yang jelas bahwa layanan itu ternyata tumpang tindih, dan termasuk dengan asistensi gratis yang diberlakukan oleh hukum Italia. Kini Apple menghadapi sebuah investigasi terpisah oleh regulator Eropa.
Apple diselidiki apakah telah melanggar ketetapan harga penerbitan ebook, menjegal rival maupun membohongi konsumen.
Saat ini otoritas Uni Eropa juga menyelidiki perselisihan paten Apple dengan Samsung dan memfokuskan pada kemungkinan penggunaan hak kepemilikan intelektual yang tidak fair oleh beberapa perusahaan saingan mereka. (way)