Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Suasana Hati Sedang Kacau? Ini Dia Cara Alami Tingkatkan Mood Kamu

07 Agustus 2016 12:35 | 2635 hits

DREAMERS.ID - Banyak hal yang bisa menyebabkan suasana hati menjadi buruk atau yang biasa kita sebut dengan bad mood. Mulai dari faktor internal seperti kurang tidur sampai faktor eksternal seperti mendapatkan berita yang kurang menyenangkan.

Yang perlu dilakukan untuk kembali meningkatkan mood adalah dengan meningkatkan produksi hormon serotonin dalam tubuh. Serotonin juga sering disebut sebagai ‘hormon bahagia’ yang memiliki pengaruh kuat pada suasana hati, emosi, ingatan, sensasi nyeri, kebiasaan tidur, nafsu makan, pencernaan dan regulasi suhu tubuh.

Dengan meningkatnya produksi serotonin dalam tubuh, maka akan mengurangi stres dalam hidup. Dilansir dari laman Chatelaine, berikut adalah beberapa cara alami untuk meningkatkan hormon serotonin.

1. Vitamin B

Asupan vitamin B6 dan B12 telah dikaitkan dengan risiko rendah dari gejala depresi, dimana ini disebutkan dalam hasil sebuah studi yang dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Vitamin B6 secara khusus dapat mendukung produksi serotonin di otak.

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B secara alami dengan mengkonsumsi ikan, daging, telur, dan produk susu. Sarapan dengan sereal juga bisa menjadi sumber vitamin B yang baik sehingga bisa  memulai hari dengan mood yang baik.

2. Senyum

Baca juga: Mendadak Bad Mood? 5 Kegiatan Ini Bisa Bikin Suasana Hati Cerah Lagi

Tersenyum merupakan salah satu hal mudah dan murah yang paling efektif untuk meredakan depresi ringan hingga sedang. Secara alami, tersenyum dapat berpengaruh dalam peningkatan serotonin.

3. Inositol

Studi menunjukkan bahwa inositol dapat meningkatkan aktivitas serotonin di otak. Sebagai suplemen, inositol efektif mengurangi kecemasan dan depresi serta mendukung kesehatan sistem saraf. Langkah sederhana, tambahkan inositol dalam smoothies sehari-hari atau ke dalam segelas air sebelum tidur. Inositol dapat menenangkan sistem saraf bila dicampurkan dengan magnesium.

Selain dari suplemen, inositol juga bisa didapat dari sumber alami seperti buah jeruk.

4. Sinar matahari

Mendapati udara segar dan sinar matahari yang cukup secara rutin akan meningkatkan suasana hati yang postif dalam diri. Manfaatkanlah waktu di pagi dan sore hari untuk merasakan hangatnya sinar matahari.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio