Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Manor Racing Menagih Utang, Nasib Rio Haryanto di Ajang F1 Terancam

26 April 2016 10:00 | 2521 hits

DREAMERS.ID - Kabar kurang menyenangkan datang dari pembalap kebanggaan tanah air, Rio Haryanto. Setelah bertanding di tiga seri Formula 1, kabarnya karir balapan Rio Haryanto di ajang F1 selanjutnya tengah terancam tak bisa dilanjutkan hingga akhir musim.

Persoalan tersebut terjadi karena masalah dana yang sampai saat ini pihak Rio belum menemukan jalan keluarnya. Setelah menyelesaikan GP China berakhir, manajemen Manor Racing menagih pihak Rio agar segera melunasi sisa pembayaran uang masuk untuk balapan F1 2016.

Seperti diketahui, untuk bisa berlaga di F1 musim ini, Rio harus mengucurkan dana sebesar 15 juta euro untuk tim asal London itu. Uang tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli dan mengembangkan mesin Mercedes yang dipakai Manor Racing.

Sampai saat ini, pihak Rio diketahui baru menyicil dana sebesar 8 juta euro. Rinciannya, 5 juta euro dari sponsor Pertamina dan 3 juta euro merupakan uang keluarga Rio. Sementara itu, pihak Manor menagih uang sebesar 7 juta euro kepada manajemen pembalap asal Solo tersebut.

"Iya Manor selalu menanyakan hal itu. Sebab, jadwal pembayaran ke Manor sudah jatuh tempo," kata ibunda Rio, Indah Pennywati.

Baca juga: Terhalang Dana, Setoran Rio Haryanto Masih Positif Akan Kariernya Di Atas Sirkuit F1

Indah juga menambahkan kalau dengan kondisi seperti ini, Rio kemungkinan hanya bisa mengikuti 10 seri balapan F1 di musim 2016. Kiprah pembalap 23 tahun tersebut di ajang F1 bisa terhenti di GP Inggris, 10 Juli 2016 mendatang.

"Selama ini kan masih ada pembayaran cicilan dari Pertamina. Kalau memang tidak ada (sponsor) mungkin hanya setengah musim (10 seri) saja Rio balapan," lanjut Indah.

Situasi seperti ini bisa saja membuat Rio tak fokus, namun sang ibunda memastikan kalau anaknya tidak akan terganggu dengan masalah yang seperti ini. "Rio fokusnya balapan saja. Urusan cari sponsor biar manajemen saja. Yang penting, Rio tetap semangat dan jangan memikirkan yang lain," ungkapnya.

Berbagai cara dilakukan untuk membantu dana untuk keberlangsungan Rio di ajang F1, salah satunya adalah program yang diluncurkan pemerintah yaitu program SMS bantuan untuk Rio. Akan tetapi sampai sekarang belum ada perkembangan yang positif mengenai program tersebut.

(dits/Viva/Liputan6)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio