Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Daur Ulang iPhone Bekas di 2015, Apple Bisa Dapat 1 Ton Emas!

19 April 2016 12:50 | 2499 hits

DREAMERS.ID - Tak seperti sampah pada umumnya, sampah dari barang-barang elektronik memang perlu penanganan khusus dan tidak boleh dibuang sembarangan karena bisa berdampak buruk pada lingkungan.

Apple sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar pun memiliki program daur ulangnya sendiri akan produk-produk yang dijualnya. Salah satu produknya yang paling laris, yaitu iPhone ternyata masih membawa keuntungan bagi perusahaan meski sudah tak terpakai dan didaur ulang.

Dari program daur ulang di tahun 2015, Apple dilaporkan mampu mengambil 1 ton emas dari daur ulang iPhone bekas. Jika dikonversikan, 1000 kilogram itu setara dengan 40 juta dolar Amerika atau sekitar 529 miliar rupiah. Wow!

Berdasarkan laporan Environmental Responsibility, Apple tak hanya berhasil mendapatkan emas, tapi juga 3 ton perak dan lebih dari 1.300 ton tembaga.

Baca juga: iPhone 15 Baru Bisa Dipesan, Apple Dikabarkan Tengah Siapkan iPad Lipat!

Di tahun 2015 sendiri Apple total mendaur ulang 40,8 juta kilogram sampah elektronik yang mayoritas dari iPhone. Dari jumlah itu, Apple menyatakan 20 juta kilogramnya bisa dimanfaatkan kembali.

Menurut perusahaan The Refining Company, di sebuah iPhone terdapat emas bernilai 13.000-an rupiah, sementara untuk sebuah komputer bisa 100.000-an rupiah. Emas dipakai untuk membuat konektor di perangkat komputer dan smartphone.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio