Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Trik Makan Ini Bisa Buat Kenyang Tanpa Naikkan Berat Badan
17 Maret 2016 16:16 | 3243 hits

DREAMERS.ID - Suasana hati biasanya menjadi lebih baik saat perut merasa kenyang. Tapi rasa kenyang umumnya dikaitkan dengan makan banyak dan ujung-ujungnya membuat berat badan bertambah. Sebenarnya dengan trik yang tepat, kamu bisa tetap kenyang, senang, dan tanpa mengalami kenaikan berat badan lho Dreamers.

Seperti melansir laman Women’s Health, mengkonsumsi makanan ini bisa membuat perut kenyang, mood seimbang, namun tidak membuat angka di timbangan naik.

1. Makanan pedas

Menambahkan sambal atau irisan cabai yang pedas ke dalam omelet atau tumisan ternyata bisa mempengaruhi rasa kenyang. Lawrence Cheskin, M.D., direktur Weight Management Center di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, makanan yang kaya rasa, terutama pedas, sebenarnya lebih mengeyangkan daripada makanan yang hambar.

“Makanan dengan banyak citarasa mengirimkan pesan yang lebih cepat dan kuat ke otak bahwa kita sudah terpuaskan (kenyang),” jelasnya.

2. Apel

Baca juga: Kata Siapa Makan Malam Membuat Gendut? Justru Membuat BB Jadi Turun dan Sehat

Menurut penelitian, mengawali makan dengan mengkonsumsi buah apel terlebih dahulu membuat kita menyantap lebih sedikit makanan. Kandungan serat dari apel (mengandung empat sampai lima gram serat atau seperlima dari kebutuhan harian) menyebabkan cepat kenyang. Tapi pilih apel dalam bentuk buah, bukan jus atau smoothie.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Appetite menyatakan, mereka yang makan apel 15 menit sebelum menyantap pasta mengonsumsi kalori 15 persen lebih rendah dibanding mereka yang minum jus apel. “Selain kadar serat, tindakan mengunyah juga menyebabkan rasa lebih kenyang dan waktu pencernaan yang lebih lama,” ujar salah satu peneliti, Julie Flood Obbagy, Ph.D.,R.D.

3. Berhenti konsumsi makanan ‘palsu’

Penelitian menunjukkan bahwa rasa manis palsu dari pemanis buatan akan membuat tubuh semakin ingin makan dessert – dengan kata lain, kamu membohongi tubuh dan ini merugikan. “Tubuh tahu rasa manis itu bukan manisnya gula dan meminta gantinya dari makanan ekstra,” kata Lauren.

4. Variasikan makanan

Daripada makan satu porsi sandwich raksasa, lebih baik pilih sandwich ukuran kecil, sedikit salad, sepotong buah, dan secangkir teh. Hindari semangkuk besar pasta dan pilih satu potong seafood, tumis sayur, dan sedikit mi gandum. “Menyantap aneka makanan berkalori rendah terlihat seperti makan banyak, jadi kamu membohongi otak supaya terasa cepat kenyang,” ujar Susan Roberts, Ph.D., profesor ilmu gizi di Tufts University dan pencipta MyIDiet.com.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio