Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Es Cendol Masuk Minuman Terlezat di Dunia

05 Maret 2013 16:07 | 26434 hits

Bagi orang Jakarta siapa yang tak kenal dengan es cendol. Minuman ini memang nikmat disantap saat musim panas. Ternyata, cendol yang terbuat dari tepung beras berwarna hijau dengan penyanjian menggunakan santan, gula merah dan es batu, masuk salah satu minuman terlezat di dunia.

Walaupun belum diketahui asal-usul es cendol secara  pasti. Namun minuman khas Nusantara ini telah menjamur dan menjadi minuman tradisional yang  banyak dijajakan di sejumlah pasar atau pedagang kaki lima.

Di Jawa, minuman yang juga akrab dengan sebutan dawet ini bahkan turut menandai prosesi pernikahan adat lewat tradisi 'dodol dawet'. Cendol mengantarkan makna sebagai lambang kebulatan kehendak orangtua untuk menikahkan anak.

Baca juga: Penjelasan Ahli Soal Resiko Penularan Virus COVID-19 Saat Beli Makanan Online

Rasa tradisional yang masih bertahan menambah eksotika es cendol di mancanegara,  menyusul rendang, es cendol masuk dalam daftar 50 minuman terlezat di dunia yang dipublikasi oleh CNN Go.  Dalam daftar tersebut, es cendol masuk dalam urutan ke-45.

Ini bukan satu-satunya minuman asal Indonesia yang masuk dalam daftar. Es kelapa muda juga tertulis sebagai minuman asal Indonesia yang memiliki rasa terlezat di urutan ke-19. Urutan tersebut berdasar poling yang mereka lakukan di situs jejaring sosial.

Kelezatan cendol mampu mengalahkan beberapa  minuman khas dari sejumlah negara seperti Mango Lassi (India),Red Bull (Austria), Yakult (Jepang), Guinness (Irlandia), dan Pina Colada (Puerto Rico). Sementara minuman terlezat pertama adalah air putih (global), disusul kopi (Ethiopia), dan Coca-Cola (Amerika Serikat). (way)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio