Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Harus Begadang karena Dikejar Deadline Tugas? Cari Tahu Tips Sehatnya

28 Oktober 2015 18:20 | 3156 hits

DREAMERSRADIO.COM - Ada saat di mana kita harus merelakan waktu tidur yang sangat berharga untuk melakukan kegiatan lain seperti menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang sedar dikejar deadline. Dan untuk membuat tubuh tetap terjaga, tak jarang kita melakuka hal yang kurang sehat seperti minum kopi atau minuman berenergi berlebih.

Mengurangi jumlah waktu tidur saja sudah membuat tubuh tidak sehat, ditambah dengan gaya hidup mengkonsumsi kafein berlebih justru akan memperparah. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara begadang yang lebih sehat seperti melansir laman WebMD berikut.

1. Bangun dan bergerak

Untuk tetap terjaga saat begadang di malam hari, dalam sebuah penelitian yang dilakaukan Robert Thayer, PhD, seorang profesor di California State University dikatakan bahwa berjalan selama 10 menit saat tubuh merasa sangat mengantuk bisa meningkatkan energi selama dua jam.

2. Istirahat

Jika rasanya mata dan tubuh sudah benar-benar tidak bisa diajak kompromi untuk begadang. Ambil waktu istirahat dari mengerjakan tugas selama lima sampai 25 menit saja., kata Barry Krakow, MD. Setelah itu tubuh akan menjadi lebih segar dan kamu bisa melanjutkan pekerjaan.

3. Istirahatkan mata

Baca juga: Waspada Resiko 'Mati Muda' Karena Anak Muda Doyan Begadang

Jika saat begadang mengerjakan tugas kamu lebih banyak menatap layar komputer, sebaiknya beri waktu istirahat agar mata tidak lelah. Karena terlalu lama menatap layar komputer hanya akan membuat rasa kantuk semakin menjadi-jadi.

4. Makan camilan yang sehat

Sebagai teman begadang, camilan sehat seperti buah segar, yogurt, baby carrot dengan dipping krim keju rendah lemak bisa kamu pilih. Jangan mengkonsimsi sesuatu yang berlemak dan berminyak karena akan semakin membuat mengantuk.

5. Nyalakan lampu

Saat begadang mengerjakan tugas di kamar, biarkan lampu menyala karena suasana yang redup bisa memicu rasa lelah. Dalam sebuah studi, paparan sinar yang terang mampu mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

6. Minum air putih

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan yang memicu rasa kantuk. Untuk itu pastikan minum cukup air dan makan makanan yang kaya kandungan airnya seperti buah dan sayur.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio