Dreamland
>
Berita
>
Article

Tiba di Amerika, Presiden Jokowi Tidak Disambut Obama di Bandara

25 Oktober 2015 23:00 | 2388 hits

DREAMERSRADIO.COM - Dalam lawatannya ke Amerika Serikat, Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di negeri Paman Sam itu pada Minggu (25/10) malam waktu setempat. Menggunakan pesawat kepresidenan, Presiden beserta rombongan akan tiba di pangkalan Udara Militer Andrews.

Pangkalan Udara ini memang biasa menjadi titik keluar masuknya tamu negara Amerika Serikat. Namun Presiden Jokowi tidak disambut secara langsung di sana oleh Presiden Barack Obama, melainkan oleh Duta Besar RI untuk AS, Budi Bowoleksono.

Melansir Tempo, hal ini memang menjadi protokol utama Presiden yang dilakukan Amerika sejak 1960-an. Presiden tidak menyambut tamu negara di Pangkalan Andrews karena alasan keamanan.

Terakhir kali Presiden AS menyambut tamu dari Indonesia adalah tahun 1961 ketika Presiden John F. Kennedy menyambut Presiden Soekarno. Hanya ada beberapa pengecualian menyambut tamu negara di Pangkalan Andrews.

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

Seperti saat Obama menyambut Paus Fransiscus September lalu, melanjutkan tradisi Presiden George W. Bush yang menyambut Paus Benediktus tahun 2008. Atau ketika ada kejadian khusus yang menjadwalkan Presiden AS menyambut di pangkalan karena akan langsung pergi ke tempat lain dengan pesawat terbang.

Dari Andrews, Presiden Jokowi akan menuju Blair House, wisma khusus untuk tamu negara yang terletak tak jauh dari Gedung Putih. Staff Blair House sudah siap menyambut Presiden Jokowi termasuk dengan pengibaran bendera merah putih di depan gedung. Presiden Jokowi baru akan bertemu Presiden Obama dalam pertemuan di Gedung Putih yang dijadwalkan Senin 26 Oktober.

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio