Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Simak Cara Mengatasi Rambut yang Mulai Menipis di Usia 20-an

13 Oktober 2015 23:00 | 2770 hits

DREAMERSRADIO.COM - Semakin bertambahnya usia, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh. Menurut Macrene Alexiades-Armenakas, M.D.Ph.D., asisten guru besar dermatologi klinis pada Yale University School of Medicine, kulit mulai kehilangan volume di usia pertengahan 20-an, begitu juga rambut yang mulai menipis.

Banyak faktor yang membuat proses penuaan terjadi lebih cepat, seperti polusi, paparan asap rokok, sinar matahari, zat kimia, kurang gizi, dan penyakit kronis yang mungkin dimiliki, kata dr. Tridia Sudirga, Sp.KK, konsultan Women’s Health Indonesia.

Faktor lainnya yang berasal dari dalam antara lain, berkurangny ahormon yang membuat kulit kenyak dan lembab, yaitu kolagen dan elastin. Jaringan penunjang lemak juga menipis, membuat tekstur kulit lebih lemas, kendur, dan tipis.

"Semua hal yang memengaruhi kesehatan kulit akan memengaruhi rambut juga," ujar dr Tridia. Setiap tahun diameter rambut akan menipis. Jumlah rambut juga akan berkurang dan makin lambat untuk tumbuh. Sepanjang tahun pula, kita terpapar bahan kimia dan panas pengering rambut.

“Padahal rambut seperti halnya serat kain, perlu dijaga kekuatannya. Selalu gunakan pengering rambut dengan suhu rendah. Sebisa mungkin keringkan rambut secara alami. Jika menggunakan pewarna rambut, pilih yang semi permanen, agar struktur rambut tidak rusak. Struktur rambut yang rusak bisa menyebabkan kerontokan,” kata Paradi Mirmirani, M.D, dermotologis dari Vallejo, California.

Baca juga: Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Bagi Kamu Pemilik Rambut Tipis

Untuk kembali menebalkan rambut yang menipis, gunakan perawatan rambut yang mengandung minoksidil. Seperti halnya pupuk untuk rambut, zat ini mampu menambah kecepatan pertumbuhan rambut, dan diameternya. Jika kamu pemilik kulit kepala sensitif, gunakan jenis foam.

Tapi untuk cara yang lebih “cerdik”, kamu bisa menyiasati rambut yang meulai menipis dengan penggunaan hair spray. Semprotkan di akar saat rambut masih basah. Lalu gunakan krim penambah volume rambut dari bagian tengah rambut hingga ujung luar. Setelah mem-blow rambut, gunakan rol panas suhu 1800 berukuran besar.

Gulung rambut mulai dari puncak rambut, masing-masing dua sentimeter dari akarnya. Puntir ke arah luar dan tahan menggunakan penjepit. Lakukan hal sama di bagian rambut yang lain selama 20 menit. Cara ini akan membuat rambut mengembang lebih lama sepanjang hari.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio