Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Hindari Kecerobohan yang Membuat Kosmetik Rusak Sebelum Waktunya

07 Oktober 2015 14:00 | 1689 hits

DREAMERSRADIO.COM - Kita semua mengatahui kalau produk kosmetik memiliki tanggal kadaluarsa atau expiration dates sama halnya seperti makanan. Tapi menyimpannya di tempat yang salah bisa membuat produk kosmetik tersebut rusak bahkan sebelum waktunya.

Menyimpan produk kecantikan di dalam mobil yang panas atau kamar mandi yang lembab bisa mengubah konsistensi, warna, dan bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Sehingga membuat kualitasnya memburuk.

Melansir laman Women’s Health Mag, biasanya hal ini lebih banyak terjadi pada produk yang berbahan cair. Secara umum, produk cair memiliki reaksi yang lebih parah dalam konsisi panas dibandingkan produk padat dan bubuk, kata Victoria Colangelo, wakil presiden senior pengembangan produk di MANA Products.

Produk yang mengandung bahan-bahan alami juga cenderung akan memiliki reaksi yang berlebih jika tidak disimpan dalam tempat yang tepat. “Produk perawatan kulit bahan alami aktif memiliki komposisi molekul yang spesifik,” kata Michelle Ornstein, pendiri Enessa Skincare.


Minyak dan pigmen warna pada foundation terpisah karena disimpan dalam ruangan terbuka (panas) selama berbulan-bulan (Image source: womenshealthmag.com)

Baca juga: Keunggulan Makeup Mother of Pearl by Tasya Farasya yang Ludes dalam 8 Jam

Untuk mengetahui apakah produk kosmetik yang dimiliki sudah berubah, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menciumnya apakah tercium bau busuk atau tengik. Sementara dari segi tampilan, produk akan mencair secara drastis dan pigmen warnanya memudar.

Sayangnya, jika perubahan itu sudah terjadi tidak ada langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Jika sudah terlanjur, terpaksa produk tersebut harus dibuang dan lebih teliti lagi dalam menyimpan produk kosmetik untuk kedepannya.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio