Dreamland
>
Berita
>
Article

Pimpinan Korea Utara Kim Jong-Un, Pria Terseksi 2012?

30 November 2012 09:00 | 3053 hits

Salah kaprah, itulah yang terjadi pada situs berita The People’s Daily. Situs berita online milik partai Komunis Cina ini pada Selasa (27/11) telah memuat berita tentang Kim Jong-Un, pimpinan tertinggi Korea Selatan sebagai pria terseksi 2012. Harian ini tampaknya telah menganggap serius terhadap penghargaan yang dicantumkan dalam situs berita Amerika, The Onion.

Padahal seperti yang banyak orang ketahui bahwa situs berita The Onion merupakan situs berita yang memuat berita-berita satir alias sindiran. Tampaknya The People’s Daily menganggap berita tersebut sebagai berita yang sungguhan dengan memuat dua paragraf yang dikutip dari The Onion, termasuk foto-foto Kim Jong-Un. Situs tersebut juga mencantumkan nama The Onion sebagai pemberi penghargaan tersebut kepada Kim.

Seperti yang dilansir dari Kompas, The People’s Daily mengutip kalimat dalam berita milik The Onion, “Dengan ketampanannya yang luar biasa, wajah bulat, daya tarik seorang anak-anaka, serta posturnya yang kokoh dan kuat, pria kelahiran Pyongyang ini adalah idaman setiap perempuan.”

Baca juga: akmu

Berita tersebut jelas bukan merupakan berita berisi pujian, melainkan sebuah sindiran. The Onion merupakan situs milik Amerika Serikat yang berisi artikel dan berita satir baik internasional, nasional, maupun lokal. Kedekatan antara Cina dan Korea Utara memang sudah lama terjalin, mengingat Cina merupakan rekan dagang satu-satunya Korea Utara, yang sangat tertutup tersebut.

Editor dari The People’s Daily baru menyadari hal ini saat media-media asing memperbincangkan hal ini. Sang editor pun mengaku bahwa ia mengambil berita tersebut dari situs media Partai Komunis Cina, Guangming Daily. Sementara sang editor dari Guangming Daily yang bernama He Ning berkata bahwa ia tidak mengetahui bahwa berita tersebut merupakan berita sindiran.

Walaupun menjalin hubungan dekat, namun seharusnya The People’s Daily lebih hati-hati memuji orang karena jika salah informasi malah jadi bahan tertawaan orang-orang ^^

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio