Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Kesalahan Saat Menggunakan Kondisioner Rambut yang Perlu Dihindari

04 Agustus 2015 16:31 | 2785 hits

DREAMERSRADIO.COM - Saat ini banyak orang yang melewatkan untuk memakai shampo dan langsung menggunakan kondisioner untuk menjaga rambut tetap indah dan bagus dari sebelumnya. Meski tidak disalahkan, tapi penggunaan kondisioner ini juga perlu diperhatikan agar terhindar dari efek buruk yang justru merusak rambut.

Melansir laman Good Housekeeping, berikut adalah beberapa hal yang kerap dilakukan saat menggunakan kondisioner rambut.

1. Tidak mengetahui jenis rambut

Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda, dari teksturnya, tingkat kekeringannya, ketebalan dan panjangnya dan tingkat kerusakan rambut yang dimiliki. Semua hal itu perlu diperhatikan saat memilih produk kondisioner. Jadi pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi rambut dan teliti dalam memilih produk.

2. Menggunakan kondisioner di kulit kepala terlebih dahulu

Menurut Meri Kate O'Connor, seorang pengajar dan senior pewarnaan di Evo Scrivo, penggunaan kondisioner seharusnya dimulai dari bagian rambut yang paling kering, paling tua, dan paling rusak lalu barulah meratakan kesemua rambut dan kulit kepala.

Jika menggunakan kondisioner di kulit kepala terlebih dahulu justru akan membuat kulit kepala dan akar rambut berminyak, kata Meri.

3. Kondisioner tidak merata

Baca juga: Ini Fakta Tentang Kondisioner Rambut yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Jika kamu terburu-buru di pagi hari, mungkin penggunaan kondisioner hanya sekilas saja dan langsung dibilas. Tapi untuk beberapa jenis rambut, hal itu mungkin akan sulit untuk membuat kondisioner meresap dan berguna untuk rambut.

Jadi sebaiknya pastikan agar penggunaan kondisioner merata ke seluruh rambut dengan memanfaatkan jari-jari tangan. Bisa juga dengan menggunakan sisir dengan gigi yang besar dan jarang-jarang untuk menyebarkan kondisioner terutama jika kamu memiliki rambut yang tebal dan ikal.

4. Tidak bersih saat membilas

Jika tahap ini tidak dilakukan dengan baik, maka risiko penyumbatan folikel rambut akan semakin besar dan membuat penumpukan di kulit kepala. Sebisa mungkin luangkan waktu yang lebih banyak saat membilas rambut.

5. Terlalu cepat membilas

Kondisioner itu seperti pelembab untuk rambut, sehingga perlu sedikit waktu untuk memaksimalkannya. Setelah memakai kondisioner, diamkan terlebih dahulu selama satu atau dua menit agar meresap. Setelah itu baru dibilas sampai bersih.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio