Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Hal Aneh yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Chatting dan SMS-an

30 Juli 2015 17:14 | 3007 hits

DREAMERSRADIO.COM - Saat notifikasi berupa dering atau hanya getar yang menandakan ada pesan yang masuk, seringnya kita tak bisa mengabaikan itu dan ingin segera membuka ponsel tak peduli apakah sedang dalam kelas, rapat, atau bahkan sedang mengendarai kendaraan.

Sama seperti lebah terhadap serbuk sari, manusia juga merupakan penghisap untuk segala informasi sosial. “Kita ini makhluk hypersocial,” kata Amy Hasinoff, PhD, seorang profesor media baru di University of Colorado Danver.

“Jika kamu banyak mengirim pesan, kamu menggunakan alat-alat yang tersedia untuk terhubung dengan orang lain. Dan itu sesuatu yang baik,” katanya.

Saling mengirim pesan melalui aplikasi chatting atau SMS juga memiliki berbagai sisi. Berikut adalah sisi baik, buruk, dan jelek dari kebiasaan chatting atau SMS melansir laman Prevention.

1. Mudah berbohong

Dalam sebuah penelitian yang dipblikasikan dalam Computers and Human Behavior menemukan bahwa 77% orang melakukan white lies atau kebohongan putih, khusunya saat mereka sedang mengekspresikan perasaan.

2. Menurunkan berat badan

Baca juga: Mudah Berbohong dan Hal Aneh Lainnya yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berkirim Pesan

Ini menjadi salah satu sisi positif dari sering berkirim pesan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Duke University, mereka menemukan bahwa wanita yang mengirim dan menerima pesan “motivasi untuk menjaga berat badan” selama enam bulan setidaknya mengalami penurunan berat badan sebanyak empat pon.

3. Sakit leher

Saat mengecek ponsel untuk berkirim pesan, posis kepala yang membungkuk akan menghasilkan tekanan pada tulang belakang bagian atas lima kali lebih banyak, seperti yang ditunjukkan penelitian dari New York Spine Surgery and Rehabilitation Medicine. Tekanan itulah yang bisa menyebabkan cidera tulang belakang dan masalah postur.

4. Bisa membahayakan

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Gait and Posture menemukan bahwa orang yang berkirim SMS sambil berjalan akan tanpa sengaja membelokkan diri sebanyak 61%. Selain itu, saat berkirim SMS sambil berjalan juga kita cenderung memperlambat langkah atau bahkan melewati tempat yang dituju.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio