Dreamland
>
Berita
>
Article

Jual Batu Sebagai Hewan Peliharaan, Pria Ini Kaya Raya

10 Juli 2015 13:51 | 3548 hits

DREAMERSRADIO.COM - Gary Ross Dahl yang baru saja meninggal di awal tahun ini di usianya yang ke-78, akan selalu dikenang atas penemuan ‘Pet Rock’ atau batu yang dijadikan hewan peliharaan di tahu 1970-an dan menjadi mainan yang digilai banyak orang.

Pria ini pada dasarnya menjual batu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dan berhasil membuat jutaan melalui “sistem pemasaran yang konyol namun sukses”. Meskipun ia memulai karirnya sebagai seorang copywriter iklan, Dahl cepat berubah menjadi pengusaha saat idenya menjual batu sebagai hewan peliharaan mulai dijalankan.


Gary Ross Dahl (Image Source: odditycentral.com)

Ide “gila” ini dimulai pada suatu malam di pertengahan tahun 70-an dirinya tengah menghabiskan waktu di bar lokal di Los Gatos, California. Saat itu, orang-orang di sekelilingnya berbicara tentang hewan peliharaan, dan tentang sulitnya memberi makan, merawat, dan mebersihkan mereka.

Disambar inspirasi secara tiba-tiba, Dahl lalu mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki kesulitan tersebut. “Aku punya hewan peliharaan batu,” katanya di tengah kerumunan. Dan jawabannya diterima dengan baik sehingga dirinya mulai memainkan ide dan akhirnya mendirikan bisnis sendiri.

Dahl kemudian menemukan dua investor, mendatangi toko peralatan bangunan dan membeli sekotak batu pantai Mexico dengan harga satu sen untuk satu butirnya. Dirinya menyadari kalau kemasan harus dibuat dengan sangat menarik sehingga mudah dijual.

Setelah mengalami banyak percobaan dan kesalahan, dirinya berhasil merancang tas kardus pintar, lengkap dengan lubang udara agar si ‘hewan peliharaan’ bisa bernapas. Batu ini juga diletakkan dengan baik di sebuah sarang yang terbuat dari serutan kayu.

Melansir Oddity Central, dalam beberapa bulan setelah dirilis di Natal tahun 1975, setidaknya sebanyak 1,5 juta batu terjual dengan harga 3,95 dolar atau sekitar 52.000 ribu rupiah per kotak.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio