Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Perhatikan Hal-hal Ini Agar Tak Salah Saat Makan Pakai Sumpit

22 Mei 2015 12:14 | 3916 hits

DREAMERSRADIO.COM - Bukan menjadi alat makan yang umum digunakan setiap orang, sumpit biasanya banyak digunakan di negara Asia. Menggunakan sumpit juga ternyata ada etiketnya lho! ada hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan saat menggunakan sumpit.

Agar tak salah dan dan mendapat “tatapan aneh” dari orang saat kamu makan menggunakan sumpit, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan menurut laman Thrillist.

1. Jangan menganggap semua masakan Asia bisa dimakan dengan menggunakan sumpit

Sumpit secara teknik merupakan alat makan yang utama yang digunakan di empat negara Asia, yaitu Cina, Jepang, Korea dan Vietnam. Jadi saat kamu misalnya mengunjungi Jollibee di Filipina, tak perlu meminta sumpit untuk memakan spaghetti di sana. Karena mereka umumnya sama menggunakan garpu dan sendok sebagai alat makan.

2. Jangan gunakan sumpit yang sama untuk setiap makanan

Bentuk dan bahan yang digunakan untuk membuat sumpit berbeda di setiap negara. Sumpit dengan ujung yang tipis adalah khas Jepang sedangkan sumpit Cina memiliki ujung yang lebih tumpul. Dan bahan kayu, besi, atau bambu digunakan untuk makanan yang berbeda.

3. Jangan menancapkan sumpit di nasi

Menancapkan sumpit dalam semangkuk nasi hanya dilakukan saat membuat persembahan kepada orang mati. Dan melakukan hal ini juga menyerupai ritual pemakaman Buddha.

4. Jangan mengambil nigiri dengan sumpit

Cara mengambil sushi yang tepat adalah dengan menggunakan jari tangan, membaliknya, lalu mencelupkannya ke dalam kecap ikan. Dengan cara itu, nasi tidak akan berantakan sebelum masuk ke mulut.

5. Jangan mengotori piring yang digunakan bersama

Baca juga: Punya Alasan Unik, Sumpit Kayu Ini Juga Dapat Dimakan

Selama makan di perjamuan resmi, dan kamu harus mengambil makanan dari piring atau wadah besar, jangan gunakan sumpit yanag sudah digunakan sebelumnya. Melainkan ganti dengan sumpit yang masih bersih.

6. Jangan memisahkan sumpit

Saat sumpit tidak digunakan, selalu taruh berpasangan baik di tempat sumpit atau di atas mangkuk dan jangan memisahkannya.

7. Jangan makan kari dengan sumpit

Di Thailand, sumpit hanya digunakan untuk memakan hidangan mie saja. Jadi jangan mencoba memakan makanan lain dengan menggunakan sumpit apalagi untuk mekan pudding, karena akan menyusahkanmu.

8. Jangan memegang ujungnya terlalu dekat

Kebanyakan orang yang baru memakai sumpit cenderung untuk memegangnya sangat dekat dengan ujung sumpit bagian atas, namun semakin sering menggunakannya, cobalah untuk memegang sumpit agak ke bawah.

9. Jangan gunakan supit untuk menunjuk orang

Perilaku ini sangat tidak sopan. Di negara mana pun itu, menunjuk seseorang dengan menggunakan sumpit adalah perbuatan yang tidak baik.

(fzh)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio