Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Simak Tips Mudah Mengurangi Gejala Asam Lambung Yang Sering Kambuh

15 Mei 2015 23:00 | 2358 hits

DREAMERSRADIO.COM - Perut manusia memproduksi asam lambung yang berguna untuk mencerna makanan dan melindungi pencernaan dari infeksi. Namun ketika maag kambuh atau asam lambung naik, akan berbahaya bagi kesehatan jika hal itu dibiarkan begitu saja.

Maag bisa diderita oleh siapa saja, mulai dari yang masih muda hingga yang lanjut usia. Biasanya, penyebabnya adalah pola makan yang tidak teratur. Gejala yang paling sering di timbulkan ketika asam lambung naik adalah rasa nyeri di ulu hati yang jika dibiarkan sering terjadi dan tidak diatasi bisa fatal akibatnya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari produksi asam lambung berlebih atau mengurangi gejala maag seperti dilansir dari femalefirst.co.uk

Yang harus dihindari :

-          Makan larut malam sehingga produksi asam lambung tidak meningkat ketika kamu hendak tidur.

-          Makanan pedas, karena makanan pedas bisa memperburuk peradangan jaringan akibat asama lambung berlebih. Sebaliknya, Makan makanan yang strukturnya lebih kecil dan ringan serta mudah di cerna secara teratur.

-          Berat badan berlebih, rokok dan obat-obatan seperti aspirin dan ibuprofen yang bisa membuat gejalanya semakin buruk.

Yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan asam lambung berlebih :

Baca juga: Tips Puasa Bagi Penderita Penyakit Maag

-          Banyak minum air putih

-          Baking soda. Baking soda akan langsung mengurangi asam dalam perut, dan menetralkan perut. Kamu bisa mencampur sesendok baking soda dan segelas air putih ketika asam lambung-mu sedang kumat.

-          Madu dan jahe dapat membantu meringankan dan menenangkan peradangan yang disebabkan oleh asam lambung yang tinggi.

-          Cuka apel kaya akan potasium yang dapat membantu untuk menetralkan asam lambung.

-          Sering mengkonsumsi makanan kaya kalium  seperti pisang, melon, dan ubi jalar.

-          Banyak makan sayuran mentah . Sayuran sifatnya basa secara alami sehingga baik di konsumsi untuk menetralkan asam lambung.

Semoga bermanfaat ya, dreamers!

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio