Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Bikin Gorengan Supaya Lebih Sehat Dengan Cara-cara Ini

11 Maret 2015 10:55 | 4884 hits

DREAMERSRADIO.COM - Makanan yang digoreng memang salah satu jenis makanan yang populer seperti ayam goreng atau kentang goreng. Meski lezat, namun kadang menjadi tidak sehat karena kandungan minyak yang digunakan untuk menggoreng.

Makanan yang dibuat dengan cara digoreng juga berpotensi mengurangi nilai nutrisinya jika tidak digoreng dengan benar. Agar tetap bisa menikmati makanan gorengan tanpa mengurangi nilai gizinya, berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan.

1. Gunakan minyak zaitun
Olive oil atau minyak zaitun adalah jenis minyak yang paling baik untuk menggoreng makanan. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung manfaat tersendiri. Minyak zaitun juga lebih stabil dalam temperantur yang tinggi dibandingkan dengan minyak goreng jenis lainnya, sehingga bisa digunakan lebih lama.

2. Jaga minyak tetap bersih
Sangat penting untuk menjaga minyak goreng yang digunakan tetap dalam kondisi yang baik dan bersih. Setelah menggoeng sesuatu, pastikan untuk membuang remah-remah yang tertinggal bekas menggoreng. Karena jika didiamkan, remah-remah akan gosong dan mempengaruhi rasa minyak untuk menggoreng selanjutnya.

Baca juga: Sering Makan Gorengan Saat Buka Puasa? Ini Dampaknya

3. Ganti tepung
Saat membuat makanan gorengan yang menggunakan tepung, ganti tepung terigu dengan tepung yang bebas gluten. Tepung yang mengandung gluten memang bagus karena menempel dengan baik pada makanan, namun hal ini juga tepung akan menyerap minyak berlebih.

4. Gunakan air soda atau soda kue
Cara lain yang dapat digunakan untuk membuat makanan gorengan lebih sehat adalah dengan mencampurkan air soda atau soda kue ke dalam adonan tepung. Dengan mencampurkan air soda, saat proses penggorengan mereka akan melepas gelembung udara yang dapat mengurangi penyerapan minyak.

5. Jaga temperatur minyak
Satu hal yang kebanyakan orang lakukan dengan salah saat menggoreng adalah menentukan temperatur minyak yang tepat. Idealnya minyak saat menggoreng memiliki temperatur 325 F-400 F. Jika minyak tidak cukup panas, makanan tidak bisa matang dengan baik sehingga proses menggoreng lebih lama dan minyak yang terserap pun lebih banyak.

Sedangkan jika terlalu panas, tentu minyak akan terbakar dan membuat makanan gosong, yang tidak hanya membuat rasa makanan menjadi tidak enak tapi juga menyebabkan risiko keselamatan.

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio