Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Mencampur Wasabi dan Kecap Saat Makan Sushi Ternyata Salah!

27 Februari 2015 16:07 | 4671 hits

DREAMERSRADIO.COM - Dreamers, saat kamu makan sushi atau sashimi, pasti kamu lebih sering mencampur wasabi dan saus coklat pekat cair yang biasa disebut soy sauce atau kecap. Ternyata hal itu salah, lho.

Salah di sini bukan berarti kamu dilarang untuk memakannya dengan cara seperti itu, hanya saja bertentangan dengan 'aturan' di negara aslinya, Jepang. Jepang adalah negara yang menjunjung tinggi kesopanan dan taat aturan, jangan heran kalau tata cara makan pun biasa diatur untuk menjaga cita rasa dan keindahan seninya. Tapi kenapa mencampur wasabi dan soy sauce itu salah?

Baca juga: Tak Hanya Sebagai Pelengkap Sushi, Wasabi Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Dikutip Rocket News, alasan utama dan terbesar karena bisa merusak keaslian rasa baik dari wasabi maupun soy sauce itu sendiri. Jika dua bahan ini dicampur, rasa dari soy sauce akan berubah, sedangkan aroma dari wasabi akan menghilang. Sehingga kamu tidak bisa merasakan kenikmatan dan keaslian rasa dari masing-masing bahan ini.

Masalah lainnya adalah, tentu saja, tampilannya menjadi tidak bagus. Wasabi tidak akan tercampur sempurna ke sausnya, sehingga menimbulkan butiran-butiran yang tidak enak dipandang mata. 

Cara memakan sushi atau sashimi dengan 'cocolan' wasabi dan soy sauce yang benar sebenarnya sangat gampang. Kamu tinggal 'mencocol' wasabi di satu sisi sushi/sashimi, lalu soy sauce di sisi sebaliknya. Hal ini tidak akan mengubah rasa wasabi ataupun soy saucenya, malah akan nge-blend dengan sempurna di mulut kamu.

Agar soy saucenya tidak tumpah kemana-mana saat menuju mulut kamu, orang jepang biasanya menggunakan kertas tissu khusus untuk makan yang bermotif dan warna-warni lucu, disebut futokorogami. Tapi kalau kamu tidak punya futokorogami, cukup gunakan mangkuk kecil si saus saja.


Image Source: Dreamers Radio

Gimana, berminat untuk mencoba 'aturan' yang sesungguhnya, Dreamers?

(rei)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio