Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
line official dreamers
facebook dreamers
twitter dreamer
instagram dreamers
youtube dreamers
google plus dreamers
Dreamland
>
Lifestyle
>
Article
Yuk, Kenali Penyakit Lewat Kuku
15 Maret 2013 13:05 | 7486 hits

Setiap orang pasti memiliki jenis kuku yang berbeda-beda. Mulai dari warna, tekstur, hingga kekuatannya. Dan setiap kuku pasti memiliki arti sendiri. Terutama dalam kaitannya dengan jenis penyakit. Apabila kuku kita sudah terlihat tidak normal, segeralah konsultasi dengan dokter spesialis. Contohnya adalah tanda-tanda berikut ini:

Garis Kuku
Ketika sebuah garis kecil muncul secara vertikal atau horizontal pada kuku, jangan panik! Karena itu adalah salah satu tanda penuaan pada seseorang. Bisa jadi juga itu hasil luka, infeksi jamur atau penyakit kulit seperti psoriasis. Namun hati-hati, karena bisa jadi garis itu adalah tanda penyakit yang berhubungan dengan pernafasan, kurang nutrisi atau keracunan arsenik atau bahkan serangan jantung.

Warna Pucat
Kuku yang berwarna pucat adalah indikator kurangnya nutrisi, anemia dan kekurangan besi serta vitamin dan mineral lainnya.

Baca juga: Pentingnya Jaga Kuku Tetap Pendek Selama Pandemi Corona

Kuku yang Bernoda Putih
Sedikit bintik atau noda putih menurut Van Houten adalah hal yang normal dan bisa hilang dalam beberapa hari atau minggu, tapi jika hampir seluruh permukaan kuku dipenuhi noda putih, itu adalah gejala White Nail Syndrome atau leukonychia yang merupakan pertanda masalah serius. Berdasarkan National Library of Medicine, sindrom tersebut merupakan pertanda penyakit jantung, gagal ginjal, radang paru atau terjadinya hypoalbuminemia yaitu kondisi darah pada orang anemia.

Kuku Kebiruan
kurang oksigen dalam sistem metabolisme tubuh bisa memicu kuku menjadi berwarna kebiruan. Orang-orang dengan asma, anemia, kedinginan, dan penyakit shock umumnya mempunyai kuku kebiru-biruan.

Kuku Kuning
Permukaan kuku yang berwarna kuning adalah tanda dari kebiasaan merokok. Namun jika Anda tidak punya kebiasaan merokok, warna itu mungkin muncul karena penyakit kanker dan paru-paru yang kronis.

(vemale/ctr)

Komentar
RECENT ARTICLE
Advertise with Us
sales & marketing : sales@dreamers.id
enquiries : info@dreamers.id
Get Our Application for Free
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio