Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Asam Folat Bisa Tingkatkan Bahasa Bayi

23 November 2011 14:00 | 1674 hits

Dreamers.co.id – Asam folat sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal itu karena kekurangan zat ini dapat menyebabkan kecacatan pada bayi. Penelitian menemukan ibu yang mengkonsumsi asam folat sebelum dan selama kehamilan dapat mengurangi resiko anak dengan kemampuan bahasa yang rendah.

Asam folat ternyata memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan bayinya. Karena asam folat mampu membantu pertumbuhan otak bayi.  Selain itu zatini juga mampu mengurangi resiko terjadinya Neural Tube Defect (NTD) pada  bayi yang dilahirkan.

“Jika dibandingkan dengan ibu yang tidak mengonsumsi suplemen asam folat, ibu yang mengonsumsi asam folat mulai dari 4 minggu sebelum kehamilan dapat mengurangi risiko memiliki anak yang akan mengalami keterlambatan pemahaman bahasa yang parah pada usia 3 tahun,” tutur peneliti seperti dilansir dari CNNHealth.

Hasil penelitian tersebut telah diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association tanggal 11 Oktober 2011  mengatakan resiko berkurang menjadi setengahnya setelah para  peneliti mengontrol faktor lain pada penelitian, faktor-faktor tersebut adalah:

Pendidikan ibu

Berat badan ibu

Baca juga: akmu

Faktor sosio demografis

Ibu yang mengonsumsi suplemen lain, tetapi bukan asam folat tidak menunjukkan adanya penurunan risiko pada keterlambatan kemampuan bahasa bayi. Hal tersebut menandakan bahwa asam folat memang memiliki efek yang unik pada perkembangan anak.

Walaupun beberapa penelitian medis  mengenai manfaat asam folat dalam melindungi janin terhadap cacat tabung  syaraf terah banyak. Tetapi penelitian kali ini membuktikan lebih lanjut bahwa suplemen tersebut dapat melindungi batu dari gangguan perkembangan saraf  lainnya.

“Kami selalu merekomendasikan suplemen asam folat. Hal tersebut dikarenakan makanan yang diperkaya dengan asam folat meskipun memberikan sejumlah asupan asam folat, namun tidak mencapai 400 mikrogram. Karena itu para ahli menyarankan asupan asam folat sebanyak 400 mikrogram untuk semua wanita usia subur,” tutur  Dr. Alan Fleischman, direktur medis di March of Dimes.

Penelitian telah melacak sekitar 0,5 persen dari 40.000 anak-anak Norwegia yang memiliki keterlambatan kemampuan bahasa yang parah. Anak-anak Norwegia tersebut hanya dapat membuat satu kata atau ucapan yang dapat dipahami oleh orang lain pada usia 3 tahun. (way)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio