Dreamland
>
Berita
>
Article

Hindari Kecurangan, Pelajar di Cina Gelar Ujian di Lapangan Terbuka

20 November 2014 20:28 | 2623 hits

DREAMERSRADIO.COM - Proses belajar megajar yang dilakukan di luar sekolah mendapat banyak dukungan karena sejumlah manfaat yang didapatkan. Selain membangun keterampilan komunikasi yang lebih baik dan penghargaan diri. Para pendukung gerakan ini berpendapat bahwa sesi kelas terbuka mengarah untuk menurunkan tingkat stres dan penghormatan yang lebih besar terhadap lingkungan alam, seperti yang dilansir Rocket News.

Namun sepertinya, hal-hal tersebut bukanlah tujuan dari diadakannya ujian di Cina baru-baru ini. Walaupun ujian tersebut dilakukan oleh lebih dari 1000 pelajar di luar ruangan. Ujian tersebut dilakukan pada Kamis (13/11) di lapangan olahraga dekat gedung utama sebuah sekolah di kota Baoji provinsi Shanxi.

Alasan dilakukannya ujian di ruang terbuka itu rupanya untuk menhindari para siswa berbuat curang dan mencontek. Untuk menjaga ujian tersebut disediakan 80 orang yang bertugas berkeliling, serta diawasi oleh teleskop dan kamera.

Baca juga: Cara DPR Tindak Lanjuti Kemendikbud Karena Marak Siswa SMA Curhat Susahnya UNBK

Penyelenggaraan ujian seperti ini dirasa efektif jika dilihat dari perbandingan banyaknya siswa dan pengawas. Sebanyak 1200 siswa diawasi oleh 80 pengawas, berarti setiap seorang pengawas dapat menjangkau 15 orang siswa. Ini lebih efektif dibandingkan dengan berada diruangan yang berisi sekitar 30 murid dan hanya seorang guru atau pengawas.

Disamping kemudahannya tersebut, pasti ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti bagaimana menyiapkan meja dan kursi yang pasti memerlukan banyak waktu dan tenaga, juga faktor cuaca yang tidak dapat diprediksi.

(zia)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio