Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Wah, Isi Ulang Baterai iPhone di Kamar Tidur Bisa Sebabkan Kegemukan?

10 Oktober 2014 14:27 | 3855 hits

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah studi baru-baru ini menunjukan bahwa mengisi ulang baterai iPhone dan iPad di kamar tidur saat malam hari dapat menyebabkan kegemukan. Hal ini dikarenakan cahaya dari layar iPhone dan iPad yang menghambat produksi hormon tidur yang disebut Melatonin.

Dilansir dari harian ternama Inggris, Mirror menuliskan dalam laporan terbarunya bahwa cahaya dari layar iPhone, iPad dan alat elektronik lainnya menghambat hormon Melatonin yang berujung pada berhentinya proses penyerapan makanan ke dalam tubuh.

Peniliti dari Universitas Granada, Spanyol dari jurusan Ilmu Psikologi Dr. Simon Kyle menyebutkan bahwa jika produksi hormon Melatonin tersebut terhenti atau terhambat, maka pola tidur akan sangat terganggu dan dapat menyebabkan obesitas.

“Banyak dari hasil riset kami menunjukan jika kita tertidur dalam kondisi yang benar-benar gelap, tanpa cahaya, maka kadar Melatonin akan bertambah. Dan itu sangat baik. Hal sebaliknya terjadi ketika pagi hari saat matahari mulai bersinar,” katanya.

Baca juga: iPhone 15 Baru Bisa Dipesan, Apple Dikabarkan Tengah Siapkan iPad Lipat!

“Hal yang sama akan terjadi jika banyak cahaya yang keluar dari gadget seperti iPhone atau iPad. Sinar kebiru-biruan tersebut akan sangat mengganggu produksi hormon Melatonin tadi dan menyebabkan makanan yang sudah dikonsumsi tidak terserap dengan baik,” sambungnya.

Namun begitu, Dr. Simon melanjutkan bahwa tidak perlu terlalu serius menanggapi persoalan tidur dan iPhone ini. Hanya saja, ia menyarankan agar setiap orang memperhatikan dan menjaga jam tidurnya dengan baik agar tidak menyebabkan kegemukan.

“Jika kalian bisa tidur lebih cepat dengan kadar kegelapan yang cukup, maka itu akan sangat membantu menurunkan resiko terkena obesitas atau diabetes,” pungkasnya.

Hmm.. bagaimana menurutmu, Dreamers? ^^ (Syf)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio