Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Pakai Hijab, Timnas Basket Putri Qatar Dilarang Tampil di Asian Games 2014!

25 September 2014 12:00 | 7854 hits

DREAMERSRADIO.COM - Timnas Basket Putri Qatar akhirnya memilih untuk tidak bertanding melawan timnas Mongolia dalam lanjutan pertandingan di Asian Games 2014 Incheon, Korea Selatan pada Rabu (24/9) kemarin. Hal ini dikarenakan para pemain Qatar dilarang menggunakan hijab saat berlaga di lapangan.

Dilansir dari BBC, perwakilan Timnas Basket Putri Qatar mengatakan mereka lebih memilih untuk mundur dari Asian Games 2014 karena larangan memakai hijab tersebut. Menurut mereka, aturan tersebut sangat tidak masuk akal mengingat mayoritas pemain Timnas Basket Putri Qatar beragama Islam.

“Kami tidak bisa memaksa pemain untuk melepas hijab mereka, karena ini adalah kewajiban agama. Kami memilih untuk tidak bertanding dan mundur dari Asian Games 2014 ini jika pihak penyelenggara tidak mengubah keputusannya,” ujar Amal Mohamed A Mohamed dari timnas Qatar.

Mohamed mengaku, ia dan timnya sudah mendapatkan peringatan dan regulasi terakait penggunaan hijab tersebut sejak sebelum mereka berangkat ke Incheon, Korea Selatan. Ia mengatakan, saat itu panitia memperbolehkan mereka tampil dengan menggunakan hijab.

“Panitia Asian Games 2014 memang sudah memperbolehkan pemain timnas putri kami untuk menggunakan hijab saat bertanding sebelum kami berangkat ke sini. Namun ketika kami sudah tiba dan siap untuk bertanding, mereka tiba-tiba saja melarang para pemain putri kami menggunakan hijab,” tuturnya.

Baca juga: Deretan Negara Ini Sudah Menerapkan Hukum Mati LGBT Sebelum Brunei Darussalam

Setelah diusut lebih lanjut, aturan tersebut ternyata datang dari Federasi dan Asosiasi Bola Basket Internasional atau FIBA, bukan panitia Asian Games 2014. FIBA sendiri menyatakan bahwa setiap pemain dilarang mengenakan asesoris rambut dan kepala saat berada di lapangan.

Sementara itu, hingga hari ketujuh berlangsungnya Asian Games 2014 ini, sejumlah atlet perempuan yang beragama Islam diketahui ada yang tampil dengan mengenakan hijab di kepalanya. Beberapa diantaranya adalah atlet Panahan, Angkat Beban hingga Berkuda.

Dalam agama Islam, hijab sendiri diketahui wajib dikenakan oleh perempuan yang sudah melewati masa puber dan dewasa. Selain untuk menutupi kepala, makna hijab sendiri juga diartikan sebagai penutup atau penghalang.

Hmm.. bagaimana menurutmu, Dreamers? (BBC/Syf)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio