Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Inilah Alasan Mengapa Makan Sushi atau Sashimi Harus dengan Wasabi

30 Mei 2014 08:18 | 9545 hits

DREAMERSRADIO.COM - Negara Jepang memang terkenal dengan sajian sehatnya, salah satunya adalah sushi yang kini semakin mendunia. Yap, nasi dengan nori yang digulung plus isian ikan segar ini tak hanya sehat tapi juga memiliki rasa unik yang banyak digemari.

Jika sering makan sushi, kita pasti sudah tak asing lagi dengan wasab, pasta pedas yang terbuat batang tumbuhan bernama wasabi yang diparut. Biarpun berwarna hijau segar, tapi semua orang tahu tingkat kepedasan wasabi bisa membuat perut mulas dan bibir dan lidah langsung memerah.

Seperti dilansir dari RocketNews24, ternyata tak hanya memberikan sensasi pedas pada makanan ada alasan mengapa sushi harus disajikan dengan wasabi. Rasa wasabi yang pedas dengan aroma yang kuat ternyata digunakan untuk mengurangi bau amis yang kuat, dan juga membuat rasa ikan lebih lezat. Tak hanya itu wasabi juga memiliki manfaat untuk menetralkan ikan.

Baca juga: Tak Hanya Sebagai Pelengkap Sushi, Wasabi Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Wasabi efektif dalam menekan mikroba dan bakteri dalam ikan mentah. Hal ini bertujuan untuk menghidari keracunan atau sakit perut akibat mengkonsumsi ikan mentah. Tak hanya sushi dan sashimi yang disajikan dengan wasabi, menu pendamping sup misopun disajikan dengan rumput laut.

Sup miso yang disajikan di restoran Jepang mengandung natrium yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti memicu tekanan darah tinggi. Nutrisi dari dalam rumput laut berguna untuk menetralisir kandungan natrium dalam miso sup.

Yap, Dreamers ternyata itulah alasan kenapa makanan Jepang selalu disajikan berpasangan. Nah, jadi masih mau menghindari wasabi yang banyak manfaat?

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio