Dreamland
>
Lifestyle
>
Article

Wow, Tahun 2015 Kunci Kamar Hotel Akan Gunakan Ponsel!

03 Februari 2014 18:00 | 4158 hits

DREAMERSRADIO.COM - Teknologi yang semakin maju nampaknya akan mempengaruhi sistem dunia perhotelan. Kabarnya pada tahun 2015 mendatang akan ada sebuah perubahan besar di jaringan hotel Amerika Serikat.

Di tahun tersebut kamar hotel di Amerika Serikat tidak lagi menggunakan kartu magnet sebagai kunci hotel, melainkan akan menggantinya dengan ponsel pintar, dan hotel pertama yang menggunakan kunci ponsel ini adalah jaringan Starwood Hotels & Resorts, yaitu hotel Aloft di Manhattan dan Silicon Valley.

Uniknya, selain ponsel pintar ini berfungsi sebagai kunci, para tamu juga bisa melakukan check-in hotel melalui sebuah aplikasi, sehingga mereka tak perlu repot datang ke tempat resepsionis hanya untuk konfirmasi kamar. Kabarnya aplikasi yang disediakan ini khusus untuk iOS dan Android yang bisa dihubungkan dengan bluetooth.

Aplikasi pada kunci tersebut juga berfungsi sebagai alat promosi eksklusif, tamu bisa memilih kamar yang mereka inginkan. Tamu juga bisa mempelajari hotel tempat mereka menginap melalui foto - foto.

Untuk menggunakan ponsel pintar ini sangatlah mudah, cukup hadapkan ponsel pada mesin pembaca di pintu, lalu pintu kamar secara otomatis akan terbuka. Ponsel pintar ini disebut ‘smart lock’, hadir karena adanya kerjasama antara hotel dengan sebuah perusahaan teknologi Amerika Serikat.

Apabila uji coba kunci dengan menggunakan ponsel pintar ini sukses, maka Starwood Hotels and Resorts rencananya akan memasang kunci pintar tersebut di semua jaringan hotelnya yang terdiri dari 123 buah, sampai akhir 2015 mendatang.

“Saya percaya kunci ponsel ini akan jadi standar baru bagi tamu untuk menggunakan kamar mereka,” ungkap CEO Starwood Frits Van Paasschen melalui Wall Street Journal.

Dilansir dari laman Daily Mail, harga kunci ponsel tersebut sebesar US$199 atau setara Rp 2,5 juta rupiah. Menariknya, selain digunakan di hotel, kunci ‘pintar’ ini rencananya juga bisa diaplikasikan baik di rumah atau di kantor.

(dits)

Komentar
RECENT ARTICLE
MOST POPULAR
BACK TO DREAMLAND | TOP | View Desktop Version
CONTACT US
Dreamers.id
dreamersradio